Kemenpar Tahun Ini Latih 17.600 Kader Pariwisata

0
339

BATAM, test.test.bisniswisata.co.id : Kementrian Pariwisata tahun ini akan melatih sedikitnya 17.600 masyarakat menjadi kader pariwisata untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan mancanegara, kata Wisnu Bawa Tarunajaya, Asdep Sumber Daya, Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan, hari ini.

“Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan ini diberikan pada masyarakat disekitar 10 destinasi prioritas tahun 2016 yang sudah dicanangkan Presiden Jokowi tapi pelatihan juga diberikan merata ke 34 provinsi, ” jelasnya disela-sela pelatihan yang diselenggarakan di Hotel Harris 31 Maret-1

Pelatihan kali ini ke Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), khususnya Batam agar masyarakat yang tinggal di kawasan Great Batam ini mendapatkan pemahamam dasar, tentang peningkatan SDM masyarakat yang menjadi destinasi tujuan pariwisata dan diikuti sedikitnya 100 orang “ kata Wisnu.

Menurut dia, Masyarakat Kota Batam harus bisa memberikan pelayanan sesuai dengan profesi masing-masing kepada wisatawan mancanegara (Wisman). Mulai dari guru, pengrajin, pedagang dan profesi lainnya perlu menjadi tuan rumah yang baik dengan menerapkan tujuh dasar Sapta Pesona yaitu Aman, Tertib, Bersih, Sejuk,;Indah, Ramah tamah dan Kenangan.

“Kalau masyarakatnya semua sadar wisata maka wisatawan mananegara maupun wisatawan nusantara akan merasa puas sehingga mereka akan datang kembali ke destinasi wisata itu,” kata Wisnu.

Kemenpar sendiri mengadalan kegiatan serupa di berbagai propinsi, terutama yang menjadi tujuan Wisman. Dengan cara ini, diharapkan masyarakat dari berbagai kalangan dan profesi bisa turut menjadi kader pariwisata.

“Kader itulah yang nantinya bisa memberikan sosialisasi mengenai kepariwisataan di Indonesia dan daerahnya masing-masing termasuk kalangan pers yang bisa membantu memsosialisasikan hasil- hasil pelatihan melalui medianya,” tambahnya. (hildasabri@yahoo.com).

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY