Kemenpar Kucurkan Dana Promosi Pariwisata Bali Rp100 Miliar

0
1950

DENPASAR, test.test.bisniswisata.co.id: Dana promosi pariwisata Bali dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tertinggi di Indonesia. Dana yang dikucurkan dari pusat sepanjang tahun 2015 senilai Rp 100 miliar. Setelah Bali, dana tertinggi diberikan Jakarta dan Batam.

“Untuk tahun ini, Bali mendapatkan dana Rp 100 miliar. Sesuai dengan porsinya, Bali paling gede (anggarannya). Sementara yang kita komitmenkan tahun ini Rp 100 miliar,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, di Denpasar, Bali, Kamis (29/1/2015).

Arief menjelaskan, dengan mendapatkan dana cukup besar diharapkan ketiga provinsi ini mampu mendongkrak meningkatan kunjungan wisatawan ke Indonesia. Kementerian Pariwisata akan melakukan koordinasi dengan tim Dinas Pariwisata Provinsi Bali untuk membahas prioritas penggunaannya.

“Tim Kemenpar dengan tim Dinas Pariwisata Bali untuk membicarakan prioritasnya. Kita akan lihat daerah asal wisatawan. Kalau di Bali kan nomor satu Australia, kedua Tiongkok dan ketiga Jepang dan seterusnya. Anggaran Rp 100 miliar itu harus diarahkan ke asal wisatawan tersebut yang menjadi prioritasnya,” katanya seperti dikutip laman Kompas.com.

Menurut Arief, jika Australia memberikan kontribusi terbesar kunjungan wisatawan ke Bali maka sebagian besar anggarannya digunakan untuk promosi lebih banyak ke Australia. Begitu pun memilih promosi media yang banyak dilihat atau dibaca oleh orang Australia.

“Untuk alokasi terhadap tujuan promosi ke negara asal wisatawan akan berbeda, baik Australia, Tiongkok maupun Jepang dan lainnya. Harus pandai di mana kita beriklan. Untuk wisman harus diundang dua bulan sebelumnya. Kalau domestik rata-rata satu bulan sebelumnya,” tambah Arief. ****

LEAVE A REPLY