Kemenpar Kembangkan Online Marketplace Pariwisata

0
437

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan membikin online marketplace atau bursa untuk memasarkan pariwisata secara digital, yang disebut Travel Exchange Indonesia (TXI).

Pengembangan TXI dengan mempelajari produk sejenis yang dikembangkan Australia. TXI dapat dukungan dan lampu hijau dari Minister for Tourism and International Education and Minister Assisting the Minister for Trade and Investment Australia, Senator the Honorary Richard Colbeck.

“Ini kesempatan emas buat Indonesia untuk mempelajari digital marketplace dari Australia. Dan Indonesia akan belajar serius demi memajukan pariwisata,” papar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi test.test.bisniswisata.co.id, Senin (02/05/2016).

Menurut Arief, kebutuhan untuk membangun marketplace tidak dapat dihindari. Pasalnya dengan perkembangan dunia digital saat ini, konsumen sudah cenderung melakukan segala aktivitasnya secara online.

Nantinya secara perlahan membuat pelaku usaha yang masih menjalankan sistem konvensional seperti travel agent mau tak mau harus ikut bertransformasi dalam sistem digitalisasi.

“Kehidupan kita sudah dampai pada titik itu no return point. Ketika orang bisa menggunakan handphone untuk traveling dengan mudah dan murah, maka nanti tidak perlu lagi harus datang ke travel agent konvensional,” tegasnya.

Sistem marketplace daring ini, memberikan kemudahan pada calon wisatawan untuk menjangkau Indonesia. “Lebih mudah, lebih murah, lebih dekat, lebih cepat, lebih meyakinkan. Tidak ada jalan lain, kecuali go digital!.” sambungnya.

Rencananya, Selasa (3/5) Staf Khusus bidang IT Kemenpar, Samsriyono dan Deputi Pengembangan Pemasaran Mancanegara I Gde Pitana terbang ke Canberra untuk mendapatkan penjelasan detail bagaimana platform digital yang dimiliki Australia, skema manajemen, operasional, dan regulasi serta proses membangunnya. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY