Kemenpar Gelar Lomba Penulisan Artikel Wisata Bahari

0
1285

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Wisata bahari Indonesia perlu terus ditingkatkan, agar menjadi destinasi utama di dunia. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menetapkan wisata bahari sebagai salah satu program unggulan pembangunan kepariwisataan nasional.

“Destinasi selam merupakan salah satu dari arah pengembangan destinasi wisata bahari. Dari 29 destinasi selam yang ada, Kemenpar menargetkan 19 destinasi selam pada Juni 2015, namun baru tercapai 6 destinasi selam,” ujar Menteri Arief Yahya pada jumpa pers di Jakarta, Rabu (29/7/15).

Menurut Arief, publisitas perlu berkesinambungan, sehingga memproses, membangun, memelihara, dan meluaskan kesadaran serta pengertian masyarakat, dan menggalang dukungan masyarakat untuk upaya-upaya pengembangan wisata bahari Indonesia.

Ia mengatakan, “Salah satu cara untuk melaksanakannya, yakni dengan menyelenggarakan lomba penulisan artikel yang mampu menggugah minat masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata bahari, bersamaan dengan minat memelihara dan mengembangkan serta memanfaatkan potensi wisata bahari itu sendiri”.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kemenpar bekerja sama dengan Forum Wartawan Pariwisata Indonesia menggelar lomba penulisan artikel (feature) wisata bahari tingkat nasional bagi wartawan, yaitu “Anugerah Pesona Bahari Indonesia”.

Kegiatan tersebut memperebutkan total hadiah Rp 100 Juta dan Piala Menteri Pariwisata RI “Anugerah Pesona Bahari 2015”. Lomba penulisan artikel ini juga merupakan bentuk apresiasi kepada wartawan atas tulisan mereka di media terkait promosi pariwisata bahari di Tanah Air.

Lomba penulisan artikel (feature) wisata bahari bagi wartawan ini telah dibuka sejak 1 Juli dan ditutup hingga 15 September 2015. Sebagai dewan juri, yakni Didien Junaedy (Ketua Gahawisri/Ketua GIPI), Raymond T Lesmana (Praktisi Bahari), Krishna Nur Pribadi (Dosen Institut Teknologi Bandung), Arifin Hutabarat (Wartawan Pariwisata Senior), serta Esthy Reko Astuty (Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kemenpar). (evi)

Berikut ketentuan dan syarat lomba “Anugerah Pesona Bahari Indonesia ”: 1. Lomba Penulisan Artikel “Anugerah Pesona Bahari Indonesia” diperuntukkan khusus bagi wartawan se-Indonesia.
2. Kategori Lomba Karya Jurnalistik (feature), Media Cetak Koran, Media Cetak Majalah, dan Media online yang terbit di Indonesia.
3. Artikel (feature) adalah karya asli, dan panitia berhak menggugurkan pemenang apabila di kemudian hari tulisan terbukti bukan karya asli;
4. Artikel (feature) yang dimuat pada media massa cetak/online umum (bukan media internal) yang terbit di Indonesia antara 1 Januari s.d 15 September 2015;
5. Tulisan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar;
6. Pendaftaran lomba mulai pada 1 Juli s.d 15 September 2015; dengan langsung mengirimkan karya tulisnya yang sudah dimuat di media masing-masing beserta kelengkapan identitas diri;
7. Peserta menyertakan bukti pemuatan tulisan di media dan fotokopi indentitas penulis (ID Pers), dikirimkan hasil scan ke alamat email : lombamenulisbahari@gmail.com
8. Alamat panitia lomba : Forum Wartawan Pariwisata. Gedung Sapta Pesona Lantai 2, Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata, Jalan Medan Merdeka Barat No. 17 Jakarta Pusat 10110;
9. Setiap penulis/wartawan dapat mengirimkan lebih dari satu naskah tulisan;
10. Hasil lomba akan diumumkan melalui www.indonesia.travel dan nominator akan dihubungi panitia untuk ikut menghadiri acara pengumuman atau penganugerahan pemenang lomba di Jakarta, pada waktu yang akan ditentukan.
11. Pemenang Terbaik I, II dan III masing-masing kategori berhak atas Piala dan Piagam Penghargaan dari Menteri Pariwisata, dengan hadiah uang tunai sebesar:
Juara Terbaik I : Rp 10.000.000
Juara Terbaik II : Rp 8.000.000
Juara Terbaik III : Rp 7.000.000
Juara Harapan I : Rp 5.000.000
Juara Harapan II : Rp 3.500.000
Juara Harapan III : Rp 2.500.000
12. Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

LEAVE A REPLY