Kemacetan Kian Memuncak, Wisatawan Jadi Ragu ke Puncak

0
164
Kemacetan menuju Puncak Bogor

PUNCAK BOGOR, bisniswisata.co.id: Kawasan Puncak, Jawa Barat, selalu menjadi tujuan wisatawan untuk menghabiskan liburan akhir tahun. Sayangnya, kondisinya sudah berbeda dari tahun lalu, jumlah kunjungan wisatawan ke sana saat akhir tahun 2016 malah mengalami grafik penurunan yang menyedihkan.

Kepala UPTD Kawasan Wisata Cibodas Teddy Setiadi menyebut jumlah kunjungan wisatawan mengalami penurunan dari tahun lalu. Penurunan itu akibat tingginya curah hujan dan kemacetan lalu lintas yang semakin parah membuat banyak wisatawan enggan mendatangi kawasan berudara sejuk itu.

“Faktor utamanya kemacetan di antara jalur Puncak dan Bogor, yang sampai belasan kilometer. Mereka memilih menghabiskan waktu liburan akhir tahun di kawasan Bogor,” kata Teddy seperti yang dikutip dari Antara, Rabu (4/1/2017)

Walau mengalami penurunan, namun jumlah kunjungan wisatawan ke Puncak tetap tinggi berkisar puluhan ribu setiap tahunnya. Wisatawan yang datang didominasi anggota berkelompok, yang menumpang bus atau kendaraan pribadi.

Dilanjutkan, akibat hujan dan macet, wisatawan banyak yang memilih untuk datang ke Puncak di hari biasa, bukan lagi di akhir pekan. Beberapa tujuan wisatawan setelah datang ke Puncak ialah mengunjungi Kebun Raya Cibodas, Kota Bunga dan Taman Bunga Nusantara. Sebagian besar pengunjungnya berasal dari Jakarta.

“Cibodas tetap menjadi tempat wisata favorit bagi kami. Keasriannya tetao terjaga, dari saya kecil sampai sekarang saya membawa anak saya yang masih kecil ke sini,” kata Iman Sulaiman, warga Jakarta yang membawa serta keluarganya ke Kebun Raya Cibodas.

Meskipun hanya terjadi beberapa persen, menurunnya jumlah kunjungan dibenarkan pengelola Kota Bunga dan Taman Bunga Nusantara. “Angka pastinya belum kami dapatkan, namun hujan dan macet memang menjadi faktor utama terjadinya penurunan. Harapan kami ada solusi dibukanya jalur Puncak II sebagai jawaban agar wisatawan tak lagi khawatir terlalu lama menghabiskan waktu di jalan untuk menuju ke sini,” kata Ayi, staf Humas Taman Bunga Nusantara. (*/ANO)

LEAVE A REPLY