Kehujanan Saat Berwisata, Ini Solusinya

0
859

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Musim hujan sudah datang. Anda yang suka hujan pasti sangat menyukainya karena selain suhu udara jadi lebih rendah, udara juga lebih segar dan tumbuhan juga tumbuh lebih baik. Namun, Anda juga harus memperhatikan kesehatan Anda lho. Pasalnya, pada saat musim hujan tubuh rentan sekali terserang penyakit. Apalagi, jika Anda kehujanan saat berwisata.

Hal ini disebabkan tubuh dipaksa untuk beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda daripada sebelumnya. Jika tidak segera mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius maka kemungkinan tubuh terkena penyakit akan lebih besar. Sebut saja flu, demam, batuk, sesak nafas, pilek, dan masuk angin. Bahkan, penyakit musiman seperti demam berdarah juga patut diperhatikan saat musim hujan.

Tentunya, musim hujan bukan menjadi halangan bagi anda untuk berwisata. Namun tentunya harus ada persiapan yang lebih matang untuk menghadapi perubahan cuaca seperti saat musim hujan. Nah, apa saja yang harus dipersiapkan saat berwisata pada musim hujan?

Lantas, bagaimana caranya agar kondisi tubuh tetap fit saat musim hujan? Disarikan dari beberapa sumber, berikut adalah tips pintar menjaga kesehatan di musim hujan saat berwisata:

01. Perhatikan waktu

Musim hujan di Indonesia terjadi pada bulan Oktober hingga April. Pada musim tersebut cuaca menjadi lembab dan panas yang gerah lalu turun hujan lebat. Waspadai kemungkinan terjadinya banjir, terutama jika anda berwisata di daerah yang memang rawan banjir. Selain itu, carilah informasi mengenai ramalan cuaca apakah hujan akan turun di pagi atau sore hari.

02. Pilih tempat wisata yang tepat

Di musim hujan, sebaiknya anda simpan dulu rencana anda untuk berlibur ke pantai atau berwisata ke gunung. Jika anda hanya berniat untuk menginap di villa pegunungan bisa saja, tapi untuk rencana mendaki sebaiknya diurungkan lebih dulu. Destinasi yang tepat untuk berlibur pada saat musim hujan misalnya museum, maupun wisata budaya, wisata belanja, maupun wisata kuliner. Menikmati makanan khas saat musim hujan tentunya akan menambah citarasa.


03. Sedia Payung Sebelum Hujan

Sebelum memulai perjalanan liburan anda, tentu saja anda harus berkemas. Jangan lupa sediakan payung kecil dan jas hujan untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu turun hujan saat anda berada di tempat wisata. Sebaiknya pakailah sandal atau sepatu karet yang tahan air dan jaket untuk melindungi tubuh dari udara dingin.

Penting sekali mengingat untuk membawa payung atau jas hujan ke mana pun Anda pergi. Meski pagi hari matahari nampak sangat cerah, tetapi Anda tidak akan tahu nasib cuaca sore hari. Bisa jadi Anda terjebak hujan hingga malam karena Anda menganggap tidak akan turun hujan hari itu.

Selain itu, gunakan juga pakaian yang lebih tertutup, tebal, serta terasa hangat untuk tubuh Anda. Pakaian dengan model seperti ini tentunya akan menjaga Anda dari udara dingin saat musim penghujan.

04. Konsumsi Vitamin

Saat pergantian musim dari musim kemarau menuju musim penghujan tubuh biasanya akan tidak secara langsung menyesuaikan kondisinya, melainkan melalui sebuah proses terlebih dahulu. Proses inilah yang biasanya mempengaruhi sistem imun atau kekebalan tubuh manusia menjadi lebih lemah.

Saat sistem kekebalan tubuh menurun maka penyakit akan lebih mudah menyerang. Untuk itulah, konsumsi vitamin amat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan sistem imun. Oleh sebab itu, konsumsi vitamin terutama vitamin C amat dianjurkan. Kandungan vitamin C ini bisa juga Anda peroleh secara alami dari kandungan buah-buahan seperti buah jeruk, buah stroberi, dan masih banyak lagi.

Mengonsumsi vitamin C secara rutin akan memastikan kebutuhan vitamin C dalam tubuh terpenuhi yang pada akhirnya akan membantu Anda meningkatkan fungsi sistem imun dalam tubuh.

05. Makan Makanan Sehat

Saat musim hujan suhu jadi lebih rendah dan tubuh juga memerlukan banyak kalori untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, tubuh juga perlu banyak asupan nutrisi untuk mencegah terserang penyakit. Perbanyak makan makanan kaya vitamin C dan antioksidan karena dapat menguatkan imun tubuh.

06. Minum Air Bersih dan Sesekali Teh Herbal

Banyak minum air putih juga membantu detoks tubuh dari racun dan menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit. Pastikan air yang Anda minum bersih dan matang. Selain itu, baik sekali minum teh herbal untuk menguatkan dan menghangatkan tubuh. Apalagi, jika Anda habis kehujanan.

07. Selalu Higienis Setiap Hari

Saat musim penghujan kuman dan bakteri akan berkembang biak lebih leluasa karena kelembaban yang begitu tinggi. Untuk itulah, mengapa tubuh akan lebih rentan terhadap gangguan tubuh. Selain itu, tangan adalah media paling umum masuknya kuman dan bakteri ke dalam tubuh.

Secara tidak sadar Anda akan lebih banyak memasukkan kuman dan bakteri ke dalam tubuh melalu tangan seperti makan menggunakan tangan, menyentuh organ tubuh lain menggunakan tangan, dan lain sebagainya. Untuk itu, pastikan Anda selalu higienis setiap hari dengan cara selalu membiasakan diri Anda untuk mencuci tangan setiap kali baru tiba di rumah, setiap kali menyentuh barang atau objek, sebelum dan sesudah makan, serta setiap kali setelah menyentuh toilet.

Karena tahukah Anda toilet adalah salah satu tempat dengan sumber bakteri terbanyak? Mencuci tangan dengan air saja tidak cukup membuat kuman dan bakteri di tangan menghilang. Untuk itu, cucilah tangan dengan menggunakan sabun disinfektan agar bakteri yang bersarang di tangan bisa dirontokkan.


08. Perhatikan Pola Tidur

Udara dingin saat musim penghujan mengundang rasa kantuk yang melulu. Namun, jangan pernah menghiraukan rasa kantuk ini. Ambillah waktu istirahat dan tidurlah secukupnya, namun jangan pula tidur dengan waktu atau porsi yang berlebih.

Tubuh yang mendapatkan porsi tidur yang berlebih akan membuat tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot. Selain itu, hindari pula begadang atau terjaga hingga larut malam. Tidur yang cukup bisa memulihkan kembali stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Untuk itulah, pastikan jika Anda memiliki waktu tidur yang cukup di malam hari.

Meski memang untuk beberapa orang, tetapi kehujanan beberapa kali tidak berpengaruh apa-apa pada tubuh mereka. Namun, ada pula beberapa orang yang hanya sekali terkena hujan bisa langsung ambruk esok harinya. Nah, agar kejadian ini tidak terjadi, yuk tetap sehat dengan menerapkan tips di atas. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY