Kawasan Wisata Wakatobi Diguncang Gempa Bumi

0
397

WAKATOBI, test.test.bisniswisata.co.id: Destinasi wisata wilayah Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara, diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, gempa tersebut terjadi Ahad (09/201/2016) pukul 02.15 WITA dengan kekuatan 4,8 skala richter.

Pusat gempa terletak di koordinat 5,91 LS dan 123,97 BT. Tepatnya di laut pada jarak 264 km tenggara Kota Kendari dengan kedalaman 44 km.

“Kepada masyarakat Wakatobi dan Buton diimbau untuk tetap tenang karena gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujar Kepala Bidang Mitigasi dan Gempa Bumi BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi test.test.bisniswisata.co.id, Ahad (09/10/2016).

Daryono menjelaskan BMKG menerima laporan sejumlah warga yang terdampak guncangan. Gempa bumi ini dirasakan sangat kuat. Beberapa warga terbangun dari tidur dan berusaha berlari keluar rumah untuk menyelamatkan diri. “Hingga saat ini belum ada laporan lebih lanjut mengenai dampak gempa bumi,” kata Daryono

Dugaan kuat, pembangkit gempa bumi ini adalah adanya aktivitas zona penyesaran naik (thrusting) di bagian timur jalur Kepulauan Wakatobi. Secara tektonik, kepulauan tersebut berlokasi pada blok Tukang Besi-Buton. Zona ini, meskipun jarang terjadi gempa bumi kuat, tetapi aktivitas kegempaannya cukup aktif.

Bahkan hingga kini belum ada laporan adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut, sambungnya
(redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.