Kategori Anugerah Pesona Indonesia 2017 Ditambah, Peluang Daerah Terbuka

0
382
Destinasi wisata tersembunyi Mandeh Sumatera Barat (Foto: Youtube)


JAKARTA, Bisniswisata.co.id:
Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017, kembali digelar. Gelaran yang pertama kali dicetuskan tahun 2016, ternyata mendapat sambutan luar biasa. Animo masyarakat, wisatawan dalam dan luar negeri hingga pemerintah daerah sangat antusias mensukseskan API. Dengan sebuah harapan destinasi wisata di daerahnya menjadi juara, dikenal secara luas dan mendapat pengakuan secara nasional hingga global.

“Memang ada berbagai kekurangan dalam API 2016, panitya penyelenggara terus melakukan evaluasi sekaligus perbaikan demi penyempurnaan penyelenggaraan untuk ajang tahun-tahun berikutnya. Karena itu API 2017 sudah ada perbaikan dibandingkan tahun sebelumnya,” papar Ketua Panitya Anugerah Pesona Indonesia 2017, Nanda Satria Azwar di Jakarta, Senin (08/05/2017).

Dijelaskan salah satu perbaikan yang dilakukan, dengan memberikan kesempatan kepada seluruh Pemerintah Daerah baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk menyampaikan usulan nominasi yang akan disertakan dalam API 2017.

Panitya Penyelenggara juga melibatkan berbagai pihak yang terlibat dalam Bidang Pariwisata seperti Asosiasi Pariwisata, Jurnalis Pariwisata, Blogger, Pengamat/Pelaku Pariwisata bahkan dari Kementerian Pariwisata sendiri untuk menjadi Tim Perumus yang melakukan perumusan dan seleksi terhadap seluruh usulan nominasi yang masuk, sambungnya.

Dikatakan, untuk jumlah kategori yang dilombakan juga ditambah dari sebelumnya 10 kategori sekarang menjadi 15 kategori. Adapun kategori baru yang ditambahkan yakni Kampung Adat Terpopuler (Most Popular Traditional Village), Minuman Tradisional Terpopuler (Most Popular Traditional Drink), Obyek Wisata Belanja Terpopuler (Most Popular Shopping Spot). Juga Obyek Wisata Unik Terpopuler (Most Popular Unique Tourism Spot) serta Promosi Pariwisata Digital Terpopuler (Most Popular Tourism Digital Promotion)

Selain itu, lanjut dia, dalam pelaksanaan pemungutan suara (vote) juga dilakukan penambahan akses, bila sebelumnya hanya bisa dilakukan melalui web vote secara online, saat ini juga sudah dibuka pemungutan suara melalui cara SMS premium berbayar. Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam mendukung wisata favorit kebanggaannya..

Periode pemungutan suara (voting) sendiri baru akan dibuka pada tanggal 01 Juni 2017 sampai dengan 31 Oktober 2017. Kemudian rangkaian kegiatan API 2017 akan ditutup
dengan penyelenggaraan Malam Penghargaan yang akan dilaksanakan pada bulan November 2017.

Semua perbaikan dan perubahan yang disebutkan diatas semuanya telah dan akan diterapkan pada penyelenggaraan rangkaian kegiatan Anugerah Pesona Indonesia 2017 (API 2017). Dengan dikirimkannya surat pemberitahuan resmi mengenai daftar nominasi API 2017 kepada seluruh Pemerintah Daerah serta dengan dikeluarkannya Press Release ini maka penyelenggaraan ajang Anugerah Pesona Indonesia 2017 secara resmi telah diluncurkan, tambahnya. (redaksibisniswisata@gmail.com)

Daftar Kategori API 2017
1. SURGA TERSEMBUNYI TERPOPULER (Most Popular Hidden Paradise)
2. OBYEK WISATA BERSIH TERPOPULER (Most Popular Cleanliness)
3. SITUS SEJARAH TERPOPULER (Most Popular Historical Site)
4. MAKANAN TRADISIONAL TERPOPULER (Most Popular Traditional Dishes)
5. TEMPAT MENYELAM TERPOPULER (Most Popular Diving Spot)
6. TEMPAT BERSELANCAR TERPOPULER (Most Popular Surfing Spot)
7. ATRAKSI BUDAYA TERPOPULER (Most Popular Cultural Attraction)
8. FESTIVAL PARIWISATA TERPOPULER (Most Popular Tourism Festival)
9. DATARAN TINGGI TERPOPULER (Most Popular Highland)
10. TUJUAN WISATA BARU TERPOPULER (Most Popular New Destination)
11. KAMPUNG ADAT TERPOPULER (Most Popular Traditional Village)
12. MINUMAN TRADITIONAL TERPOPULER (Most Popular Traditional Drink)
13. OBYEK WISATA BELANJA TERPOPULER (Most Popular Shopping Spot)
14. OBYEK WISATA UNIK TERPOPULER (Most Popular Unique Tourism Spot)
15. PROMOSI PARIWISATA DIGITAL TERPOPULER (Most Popular Tourism Digital Promotion)

LEAVE A REPLY