Kapal Pesiar Diamond Princess Rencana Layari Indonesia

0
1494
Kapal Pesiar Diamond Princess

OKINAWA, test.test.bisniswisata.co.id: Indonesia tetap menjadi negara dengan potensi wisata kapal pesiar tertinggi di Asia.Akhir tahun 2016 dan awal tahun 2017, Diamond Princess, ka‎pal pesiar bendera Princess Cruises, kembali berencana melayari perairan Indonesia.

Sesuai jadwal yang dikeluarkan Diamond Princess, pelayaran Rute Malaysia Peninsula & Indonesia trip pertama akan berangkat pada 27 Desember 2016, yang berlangsung selama 10 hingga 12 hari.

Rute yang ditempuh Diamond Princess berangkat dari Singapura, melewati garis khatulistiwa, Benoa (Bali), Lombok, ke Penang, Phuket, Langkawi, Port Klang Malaysia, dan kembali ke Singapura.

Pada rute yang sama, Diamond Princess berlayar lagi pada 17 Januari 2017. Trip kedua akan dikombinasikan dengan rute Asia Tenggara. Rute ini akan berangkat dari Vietnam pada 8 Januari. Apabila mengikuti rute ini total pelayaran sebanyak 19 hari.

Rute dari Vietnam‎ adalah Nha Trang, Ho Chi Minh City, Shihanoukville, Bangkok (Laem Chabang), Ko Samui, Singapura dan dilanjutkan dengaan rute Malaysia Peninsula & Indonesia.

‎Kapal Diamond Princess berlayar pertama kali pada 13 Maret 2004, dengan panjang sekitar 300 meter, memiliki 18 dek. Kapasitas penumpang sebanyak 2.706 dan 1.100 kru, dengan juah kabin penumpang 1.353 unit. Kapal ini dibuat oleh Mitsubishi Heavy Industries, Ltd Jepang.

Princess Cruise‎s memiliki 18 kapal pesiar yang melayari lebih dari 150 rute dan singgah di lenih dari 300 pelabuhan di seluruh dunia. Kapal tersebut antara lain Caribean Princess, Coral Princess, Crown Princess, Dawn Princess, Diamond Princess, Emerald Princess, Golden Princess, Grand Princess, Island Princess, Regal Princess, Royal Princess, Ruby Princess, Sapphire Princess, Sea Princess, Star Princess dan Pacific Princess.

Sejak Tahun 2014 Indonesia masuk 10 negara tujuan paling banyak dikunjungi kapal pesiar di Asia. Dua potensi wisata kapal pesiar terbesar yang dimiliki Indonesia ialah sebagai konsumen dan destinasi.

Sebagai konsumen artinya ada banyak masyarakat Indonesia yang menjadi penumpang kapal pesiar. Berdasarkan data dari Cruise Lines International Association, tahun 2014 ada lebih dari 18.000 penumpang kapal pesiar dari Indonesia. Sejak tahun 2012, pangsa pasar kapal pesiar di Indonesia terus bertumbuh sebesar 7,7 persen per tahun.

Sementara sebagai destinasi artinya Indonesia menjadi salah satu tujuan yang dilewati kapal pesiar. Salah satu kapal pesiar yang memiliki rute melewati Indonesia ialah Diamond Princess, kapal milik Princess Cruises. Meningat Indonesia merupakan negara kepulauan. Jumlah pulau di Indonesia lebih dari 17.000, membuat hampir setiap tempat di Indonesia potensial untuk didatangi via laut. (*/BIO)

LEAVE A REPLY