Kalstar Terpelosok di Bandara El Tari

0
888

KUPANG, test.test.bisniswisata.co.id: Musibah kecelakaan pesawat terbang kembali terjadi. Pesawat Kalstar jenis Embraer tergelincir di landasan pacu Bandara El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) Senin (21/12/2015) petang. Tak ada korban jiwa dalam kecelakaan pesawat ini. Pesawat Kalstar PK-KDC dari Kabupaten Ende ke Kupang, tergelincir sejauh 20 meter akibat cuaca buruk yang melanda wilayah NTT.

General Manager Angkasa Pura I Kupang I Ketut Arnawa membenarkan pesawat Kalstar terpesolok keluar dari landasan. “Tapi, kami belum tahu nomor penerbangan dan berapa pastinya jumlah penumpang karena masih ditangani di lapangan,” kata I Ketut Arnawa.

Menurut Arnawa, semua penumpang Kalstar saat ini sudah ditempatkan di ruang tunggu. “Semua penumpang selamat, dalam kondisi aman,” jelasnya sambil menambahkan saat ini pesawat masih berada di lokasi kejadian, dan belum dipindahkan. “Kami prioritaskan keselamatan penumpang lebih dulu,” sambungnya.

Ditegaskan, saat ini Bandara El Tari Kupang, NTT ditutup sementara. Penutupan dilakukan untuk mengevaluasi proses tindak lanjut. “Bandara ditutup untuk sementara waktu. Kami juga masih evaluasi, karena pesawatnya tergelincir jauh dari landas pacu dan kalau memang memungkinkan berarti bandara akan dibuka kembali setelah dievaluasi,” jelas Arnawa.

Menurut Arnawa, terdapat tiga pesawat yang akan mendarat di bandara El Tari yakni Garuda Indonesia, Batik Air dan Lion Air. Alhasil, pendaratan ketiga maskapai itu akan dialihkan.

Kepala Pusat Komunikasi Publik J A Barata menjelaskan pesawat Kalstar dengan nomor registrasi PK-KDC dan nomer penerbangan KD675 yang dioperasikan PT Kalstar Aviation mengalami overrun (keluar landasan) di Bandara Eltari, Kupang pada Senin (21/12) pukul 16.30 WITA. Pesawat dengan rute Ende-Kupang itu mengangkut 125 orang.

“Seluruh penumpang dan awak pesawat keluar dari pesawat dalam keadaan selama. Pesawat tersebut diterbangkan oleh Pilot Marjulki didampingi kopilot Arie dan engineer Haryono. ,” ungkap J A Barata lewat keterangan tertulis. (endy)

LEAVE A REPLY