Kalahkan Changi, Bandara Juanda Paling On Time Se-ASEAN

0
133
Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya (Foto: : Travelholic)

SURABAYA, bisniswisata.co.id: Bandara Juanda di Surabaya, Jawa Timur, memperoleh peringkat tertinggi dalam tingkat ketepatan waktu terbang alias on time di wilayah Asean, bahkan mengalahkan Bandara Changi Singapura.

Berdasarkan data survei lembaga konsultan data dan riset industri penerbangan asal Inggris, OAG, per April 2018, memasukkan tiga bandara di bawah kepengelolaan PT Angkasa Pura I (AP I) dalam peringkat 10 besar bandara paling tepat waktu di Asean.

Menanggapi hal tersebut, Corporate Secretary PT Angkasa Pura I Israwadi mengatakan survei yang dilakukan oleh OAG dilakukan secara independen. Perusahaan konsultan dinilai mengambil data-data sekunder.

“Hasil ini merupakan kinerja semua pihak selain dari kami sendiri, mulai dari maskapai, ground handling, hingga layanan navigasi (AirNav). Dukungan stakeholders ini merupakan kunci OTP,” kata Israwadi di Surabaya seperti dilansir laman Bisnis, Kamis (16/05/2018).

Berdasarkan laporan dari OAG, seperti dikutip Seasia.co, maskapai dan Bandar Udara harus menyediakan data setidaknya 80% dari keseluruhan jadwal penerbangan agar bisa turut dinilai. Penerbangan yang tiba atau berangkat dalam kurun waktu 14 menit hingga 59 detik dari jadwal dianggap mencapai ketepatan waktu atau on-time performance (OTP), sedangkan penerbangan yang dibatalkan tidak ikut dihitung.

Hasilnya berdasarkan pantauan di 20 Bandar Udara di Asia Tenggara, yang menangani setidaknya 1000 penerbangan dan menggolongkannya berdasarkan ketepatan waktunya, memutuskan Bandar Udara Juanda Sidoarjo beerada di posisi peringkat nomer satu dengan tingkat ketepatan waktu yang tinggi senilai 95.5%,

Kemudian diikuti Bandar Udara Indonesia lainnya, yakni Bandar Udara Supadio, Pontianak dengan 90.20% tingkat ketepatan waktu. bandar Udara terbaik di dunia, Bandar Udara Changi, Singapura berada di posisi ke tujuh dengan tingkat OTP 87.10%, namun menangani jumlah penerbangan terbanyak (15,332) dibanding bandar udara lainnya yang berada di daftar.

OAG memiliki jaringan data perjalanan udara terbesar dunia, di antaranya database jadwal penerbangan lebih dari 900 maskapai penerbangan dan lebih dari 4.000 bandara. Dengan database informasi status penerbangan paling menyeluruh di pasar, OAG menangani lebih dari 54 juta catatan update status penerbangan per tahun, memproses 1,4 miliar permintaan dan terus memberikan lebih dari 35 juta update status penerbangan yang dinamis tiap hari. (NDY)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.