JK: Kalimantan Bangun Jalur KA agar Tak Terisolasi

0
1554

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: WAKIL Presiden Jusuf Kalla menilai pembangunan jalur kereta di Provinsi Kalimantan Timur oleh investasi perusahaan asal Rusia dinilai bermanfaat antara lain agar pulau Borneo tidak terisolasi. Bahkan, pembangunan kereta mengakibatkan harga sejumlah komoditas seperti batubara dan sawit bisa lebih bagus.

“Pembangunan kereta di Kalimantan juga sejalan fokus pemerintah, yang ingin mengembangkan infrastruktur di berbagai daerah di Tanah Air,” papar Wapres JK di Jakarta, seperti diunduh laman Antara, Selasav (27/10/2015).

Proyek rel Kereta Api Borneo atau jalur kereta yang ada di Kalimantan dengan nilai investasi hingga sekitar Rp72 triliun dijadwalkan bakal mulai beroperasi di Kalimantan Timur pada 2020. Perusahaan yang membangun asal Rusia dinilai mampu melaksanakannya seperti halnya perusahaan dari negara-negara lainnnya.

Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek menjelaskan hari ini ada kepastian jadwal untuk peresmian Kereta Api Borneo. Kereta di Kalimantan akan dibangun selama lima tahun, diperuntukkan untuk penumpang maupun angkutan barang.

Sebagai angkutan barang, sambung dia, jalur kereta api bisa digunakan untuk mengangkut sejumlah komoditas seperti batubara, hasil migas, hingga CPO (“crude palm oil”/minyak kelapa sawit). Rencananya jalur kereta bakal dilaksanakan “groundbreaking” (pemancangan tiang pertama) pada 17 November oleh Presiden Joko Widodo.

Pembangunan rel kereta api untuk angkutan sumber daya alam di Provinsi Kalimantan Timur segera dimulai yang dipusatkan di Kabupaten Kutai Barat sebagai titik awal. “Kami sudah menyusun jadwal untuk ‘ground breaking’ (peletakkan batu pertama) pembangunan rel kereta api pada 17 November 2015 di Kutai Barat,” ujar Head of Regional Corporate Affair PT Kereta Api Borneo, M Yadi Sabianoor, di Samarinda.

Acara peletakkan batu pertama merupakan permintaan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menyarankan pembangunan rel kereta api untuk rute Balikpapan-Kutai Barat dan Muara Wahau-Maloy segera dimulai. (*/ndy)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.