Jelang Ramadhan, Destinasi Wisata Ternate Diserbu Turis Lokal

0
265
Turis lokal serbu pantai di Ternate

TERNATE, Bisniswisata.co.id: Ribuan turis lokal asal Ternate, Maluku Utara menyerbu sejumlah objek wisata pantai favorit memanfaatkan harus libur terakhir menjelang Bulan Suci Ramadhan 1438 Hijriah.

“Kami sejak pagi bersama keluarga menuju objek wisata, karena tidak lama lagi Ramadhan,” kata salah seorang warga Ternate, Basri Muhammad, di Ternate, Ahad 921/05/2017).

Sejumlah objek wisata sejak pagi telah dipenuhi warga yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat di objek wisata favorit seperti pantai Jikomalamo, dan Sulamadaha. Menurut Basri, dia bersama keluarganya menyewa minibus untuk menikmati wisata pantai yang menjadi tradisi menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan.

Dari pantauan, berbagai objek wisata saat ini telah dipenuhi warga, bahkan Sabtu (20/11), dibanjiri warga menikmati liburan akhir pekan. Sedangkan, pedagang di pantai Jikomalamo, Ismail, mengakui dirinya sejak Sabtu (20/5) telah meraup keuntungan berlipat ganda, karena pengunjung yang datang jauh lebih meningkat dibanding hari libur biasanya.

“Biasanya kalau pengunjung memadati pantai Jikomalamo, pasti omzet kita bertambah. Kita hingga, Minggu (21/5) siang saja mengumpulkan uang lebih dari Rp 1 juta,” katanya.

Para pedagang mengaku, menjelang Ramadhan seperti ini, banyak pengunjung yang memilih berlibur di pantai Sulamadaha untuk menikmati tempat yang favorit bagi warga di Ternate untuk berlibur. Apalagi, pendapatan yang begitu besar hanya mereka dapatkan saat hari libur atau menjelang Bulan Suci Ramadhan. Kalau di hari biasa para pedagang hanya meraup keuntungan Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu/ hari.

Omzet yang saat ini yang juga meningkat dirasakan pula oleh warga yang menyewakan motor lautnya bagi para pengunjung yang ingin menyeberangi pantai Sulamadaha dan objek pantai di sekitarnya.

“Padatnya pengunjung yang memanfaatkan cuti bersama dan libur panjang ke pantai Sulamadaha, sehingga bisa meraup penghasilan lebih dari Rp 750.000/hari, menyusul hari biasanya hanya Rp 500.000/hari ,” kata salah seorang penyewa motor laut di Pantai Sulamadaha, Subhan,.

Sedangkan,Kadis Pariwisata Kota Ternate, Samin Marsaoly menyatakan, menjelang Ramadan biasanya warga menikmati objek wisata, terutama di pantai Jikomalamo dan Sulamadaha. “Kami berupaya menggenjot PAD melalui sektor pariwisata, salah satunya membenahi objek wisata seperti Batu Angus dan berbagai objek wisata pantai andalan di kawasan Ternate Pulau dan Ternate Barat,” katanya. (*/ant)

LEAVE A REPLY