Jelang Imlek, Kue Lapis Legendaris Laris Manis

0
133
Kue Lapis

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Momen Imlek, perayaan Tahun Baru China menjadi berkah bagi para pembuat kue lapis. Di Jakarta, ada beberapa tempat legendaris, yang sering jadi tujuan pemburu kue lapis saat Imlek tiba.

Dua diantaranya toko kue Happy di Jalan Haji Nawi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan kue lapis Sanny di Jalan Mangga Besar, Jakarta Pusat. Sejak puluhan tahun, kedua toko ini selalu kebanjiran pesanan menjelang Imlek, laris manis.

Usaha kue lapis legit Sanny berdiri sejak tahun 1985 hingga kini dikelola generasi kedua. “Awalnya yang buat kue lapis legit ini Mama saya, sudah tiga puluh tahun lebih. Sudah beberapa tahun kami menerima pesanan saja, tidak memasok ke toko kue. Dulu sempat memasok ke toko kue di mal, sekarang sudah tidak,” kata Evan Kanoko, generasi kedua pemilik kue lapis Sanny.

Kue lapis legit Sanny hanya menawarkan dua ukuran dan bentuk. Pertama, berbentuk lingkaran dengan diameter 18 centimeter (cm). Kedua, berbentuk persegi berukuran 20×20 cm. Evan mengatakan harga yang dibanderol untuk kue lapis legit berbentuk lingkaran adalah Rp 700.000 dan kue lapis legit bentuk persegi harganya Rp 950.000.

Harga yang cukup mengagetkan untuk satu loyang kue tradisional khas Imlek tersebut. Meski demikian, Evan menjamin bahan baku yang digunakan adalah kualitas nomor wahid dan pasti asli. Wajar saja apabila kue yang terkenal dengan banyak lapisan tersebut dibanderol hampir Rp 1 juta.

“Kami memang pakai bahan kualitas premium dan yang pasti asli. Biar rasa kue lapis legitnya juga enak sekalian, tidak nanggung. Sebandinglah dengan harga jualnya, pasti konsumen tidak bakal kecewa,” ungkapnya. Evan bilang kue lapis legit legendaris sang Ibu mendapat pesanan sampai 400 loyang menjelang Imlek tahun ini.

Seperti dilansir laman Kontan.co.id, Rabu (14/02/2018), Toko Kue Happy yang berdiri sejak tahun 1976 juga membanderol harga kue lapis legitnya cukup tinggi. Hanya ada satu bentuk dan ukuran kue lapis yang ditawarkan, yakni kue lapis legit persegi berukuran 20×20 cm.

Untuk kue lapis legit kualitas standar dibanderol mulai Rp 360.000–Rp 390.000. Sedangkan kue lapis kualitas menengah/ istimewa dibanderol mulai Rp 530.000–Rp 750.000.

Dan, kue lapis kualitas terbaik dibanderol mulai Rp 850.000–Rp 900.000. “Kue lapis legit kami punya sejumlah varian rasanya, seperti keju, prunes, moscovis, mocca, kenari. Ada juga yang polos atau rasa original,” tutur Fitri, salah satu penjaga toko Happy.

Ia mengatakan jika kue lapis legit Happy bisa tahan hingga dua minggu di dalam kulkas dan sekitar seminggu di luar ruangan. Menjelang Imlek tahun ini, toko Happy menerima pesanan sampai ratusan loyan kue lapis legit. “Ada konsumen yang minta dikirim, kami biasanya pakai ojek online. Ada juga konsumen yang mengambil langsung ke sini,” ujarnya.

Rata-rata harga kue lapis legit memang cukup mahal. Bahkan kue lapis legit Sanny dibanderol hampir Rp 1 juta per loyang. Evan Kanoko, generasi kedua pemilik kue lapis Sanny di Mangga Besar, Jakarta Barat menjelaskan, tingginya harga lapis legit lantaran proses pembuatannya rumit dan memakan waktu lama. Selain itu, bahan baku yang digunakan juga premium. Sehingga ada jaminan kualitas sebanding dengan harganya.

“Untuk telurnya, kami menggunakan telur ayam kampung. Dan butter kami juga pakai merek terbaik. Yang asli butter ya, bukan margarin,” katanya. Ia bilang kue lapis legit Sanny memiliki lapisan yang sangat tipis, tekstur yang lembut dan sensasi karamel saat dikunyah. Wangi aroma butter yang kuat juga menjadi ciri khas tersendiri bagi kue lapis legit Sanny.

Evan mengatakan, lapisan tipis pada kue lapis legit Sanny adalah resep rahasia yang dibuat oleh ibunya. Ia juga menjelaskan, proses membuat satu loyang kue lapis legit memakan waktu sekitar 4,5–6 jam. Maka dari itu, pengerjaan kue lapis legit sangat membutuhkan ketelatenan pembuatnya.

“Selama proses pemanggangan, kue harus dikontrol, ditunggu dan diperhatikan ada gelembung atau tidak. Kalau ada gelembung, kue harus dikeluarkan dari oven dan gelembungnya ditusuk,” paparnya. Setelah lapisan pertama matang, kue dikeluarkan dan dilapisi lagi, begitu seterusnya. Proses kontrol tersebut dilakukan pada setiap lapis kue.

Selain mmpertahankan resep original dari ibunya, kini, Evan mulai membuka permintaan tambahan rasa dari konsumen. Ia mengatakan, ada beberapa tambahan rasa yang sering dipesan konsumen, yaitu keju, chocochips dan plum. “Tambahan aneka rasa itu tentu pengaruh ke harga, beda lagi harganya. Soalnya, kami nambah bahan baku dan pasti dicarikan yang terbaik,” pungkas Evan.

Kualitas bahan baku yang berpengaruh pada harga kue lapis legit juga dituturkan oleh Fitri, salah satu penjaga toko kue Happy, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Toko kue legendaris tersebut menyediakan pilihan kue lapis legit berdasarkan kualitas bahan bakunya. Ada kualitas standar, menengah dan terbaik.

Fitri mengatakan, perbedaan pada ketiga kualitas kue lapis tersebut terdapat pada penggunaan bahan baku, terutama butter. “Kalau kualitas standar, kami pakai margarin lokal biasa. Sedangkan mulai kualitas menengah sampai terbaik, kami pakai butter merek Wijsman. Telurnya juga telur ayam kampung,”tuturnya.

Ia juga menjelaskan, jika penggunaan butter yang berkualitas bisa menambah kuat wanginya. Selain itu, tekstur kue yang dihasilkan pun lebih legit dan lembut. Jika dikunyah bisa mengeluarkan aroma rempah dan karamel.

“Makin premium bahannya, kualitas kuenya juga makin bagus. Aromanya makin keluar, rasanya makin kuat dan teksturnya lebih legit dan lembut. Jika dikunyah bisa mengeluarkan aroma rempah dan karamel. “Makin premium bahannya, kualitas kuenya juga makin bagus. Aromanya makin keluar, rasanya makin kuat dan teksturnya lebih ringan sekaligus lembut,” pungkas Fitri. (KCI)

LEAVE A REPLY