Jatim Serius Kembangkan Wisata Maritim

0
565
Pantai Pesisir Selatan Tulungagung Jawa Timur (Foto: http://harmonimedia.com)

SURABAYA, test.test.bisniswisata.co.id: Destinasi wisata maritim di Jawa Timur (Jatim) cukup melimpah. Karena itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim fokus serta serius mengembangkan destinasi wisata laut atau bahari.

“Jawa Timur itu memiliki garis pantai yang sangat luas, baik pantai utara maupun selatan,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Jarianto di Surabaya.

Menurut Jarianto, pihaknya tak ingin menyia-nyiakan kekayaan alam dimiliki sehingga bisa bermanfaat untuk kepentingan orang banyak, terutama peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Ia merinci potensi wisata bahari di Jatim, yaitu di sisi pantai selatan terdapat di Pacitan, Trenggalek, Blitar, Malang, Lumajang, Jember sampai Banyuwangi.

“Sedangkan di sisi pantai utara garis pantainya mulai Probolinggo hingga Madura. Ini yang harus dimanfaatkan dan Jatim tidak keliru mempromosikan wisata laut,” ucapnya.

Sejumlah wisata laut di Jatim, lanjut Jarianto, saat ini perlahan sudah mulai dikenal wisatawan dalam dan luar negeri.

Beberapa destinasi wisata bahari di Jatim antara lain Pantai Papuma Jember, Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Pulau Sempu Malang, Pantai Klayar Pacitan, Teluk Ijo Banyuwangi, Pantai Tiga Warna Malang, Pantai Banyu Tibo Pacitan, Pantai G-Land atau Plengkung Banyuwangi, Pantai Goa Cina Malang, Pantai Buyutan Pacitan dan yang lainnya.

Selain terfokus pada obyek wisata, Disbudpar Jatim juga konsentrasi membenahi segala insfrastruktur, seperti jalan akses, jembatan, pelabuhan, penginapan dan fasilitas pendukung lainnya.

“Apalagi jika nantinya Jalan Lintas Selatan yang saat ini sudah 83 persen diaspal siap digunakan, tentu akan lebih mudah mempromosikan wisata-wisata maritim,” katanya seperti dilansir laman Antara, Sabtu (16/04/2016)

Jika hal tersebut terpenuhi, bukan tidak mungkin target kunjungan wisatawan ke Jatim pada 2016 terpenuhi, yaitu 48 juta wisatawan domestik dan 560 ribu wisatawan mancanegara. (*/a)

LEAVE A REPLY