Januari 2018, 5 Negara Tawarkan Fenomena Alam Cahaya Utara

0
177

NORWEGIA, Bisniswisata.co.id: Bukan hanya salju, musim dingin juga dihiasi pemandangan fenomena alam Cahaya Utara yang indah. Selain di Islandia dan Swedia, fenomena alam tersebut juga bisa dinikmati di Norwegia juga Alaska dan Nordik Rusia.

Di sana, Cahaya Utara bisa dinikmati dengan indah di dataran luas berselimutkan salju yang populer disebut Norwegian Lapland. Dataran ini berada di timur laut Norwegia, tepat di bawah lingkaran Kutub Utara, yang diapit benua Rusia dan Finlandia.

Kawasannya luas, jarang penduduk, bersuhu dingin yang ekstrem. Di tengah dinginnya udara itu di sana turis bisa menyaksikan Cahaya Utara dengan lebih jelas, karena tak adanya polusi udara dan cahaya. Kawasan terdekat yang masih berpenduduk serta memiliki fasilitas untuk turis berada di Alta dan Kirkenes.

Juga ada dua bandara kecil dengan penerbangan langsung ke pusat kota Norwegia, Oslo, jika turis tak ingin berkendara melalui jalur darat selama 18 jam. Tak hanya hotel berdinding tembok, ada juga hotel dengan kamar berdinding es menyerupai igloo, seperti yang disediakan oleh Sorrisniva Igloo Hotel. Kapan lagi merasakan sensasi tidur dengan suhu -5 derajat Celcius?

Wisatawan bisa menikmati pemandangan Cahaya Utara baik dari Alta atau Kirkenes. Hanya saja, karena kawasan ini ramai, maka fenomena alam itu suka jarang terlihat. Tapi jangan khawatir, di sana ada sejumlah agen wisata dengan paket tur menikmati Cahaya Utara di sekitar kawasan Norwegian Lapland.

Waktu terbaik untuk datang ke Norwegian Lapland ialah saat Januari sampai April, di saat musim dingin masih berlangsung. Ingatkan diri bahwa suhu dingin akan sangat ekstrem di Januari dan Februari, sehingga perlu membawa persiapan lebih bagi yang tak tahan menggigil.

Selain Cahaya Utara, Norwegian Lapland juga menawarkan fenomena alam Matahari Malam, alias Midnight Sun. Saat berlangsung, matahari tidak akan terbenam selama 24 jam, walau siang sudah berganti malam. Kawasan paling utara biasanya dilewati fenomena alam ini.

Bagi yang ingin menyaksikan fenomena alam Cahaya Utara, ketahuilah bulan Januari 2018 merupakan waktu yang paling tepat untuk melakukannya. Berikut ini ialah beberapa tempat yang bisa dikunjungi untuk melihat fenomena alam tersebut:

1. Norwegia

Berlayar dengan kapal pesiar di Lingkar Artik pada bulan Januari menjadi waktu yang pas untuk menyaksikan Cahaya Utara. Di Norwegia, ada banyak pilihan agen perjalanan yang menawarkan paket tersebut.

2. Islandia
Cahaya Utara memang tak bisa dilihat setiap jam atau setiap hari. Fenomena alam ini muncul jika di sekelilingnya tidak ada polusi cahaya dan udara. Islandia merupakan destinasi wisata yang pas untuk menikmati fenomena alam ini. Kawasan yang bisa dikunjungi ialah Skógafoss, Snaefellsnes Peninsula dan Reykjavík.

3. Alaska
Alaska, yang tak berada jauh dari Kutub Utara, juga menjadi tempat yang cocok untuk melihat Cahaya Utara. Hanya saja, butuh tenaga dan waktu ekstra untuk menjauh dari keramaian kotanya. Agen perjalanan wisata di sana menawarkan paket perjalanan wisata mendaki sampai berkemah. Kawasan populer untuk menyaksikan fenomena alam itu antara lain di Coldfoot dan Fairbanks.

4. Swedia

Kalau berpetualang di laut atau gunung bukan pilihannya, maka turis bisa mengunjungi kawasan Kiruna di Swedia yang juga menjadi tempat populer menyaksikan Cahaya Utara. Dengan berkendara beberapa jam dari pusat kota, medan kawasan ini tak sulit dijangkau untuk turis awam.

5. Nordik

Sekali lagi, Cahaya Utara itu muncul secara tiba-tiba, jadi jangan kecewa jika tak berhasil menyaksikannya. Kalau punya waktu lebih dan ingin menyaksikan fenomena alam itu dari tempat yang tak biasa, bisa juga mengunjungi kawasan yang tak seramai di negara Nordik. Pilihan tempat untuk menyaksikan Cahaya Utara di bulan Januari yang belum ramai oleh turis antara lain Oymyakon dan Murmansk di Rusia, Ilulissat di Greenland dan Tórshavn di Faroe Island. (CNN)

LEAVE A REPLY