Jambore Nasional, Komunitas VW Pilih Tasikmalaya

0
176

TASIKMALAYA, Bisniswisata.co.id: Komunitas pecinta mobil Volkswagen (VW) Indonesia bakal menggelar Jambore nasional pada 19-20 Agustus di Tasikmalaya. Diperkirakan ribuan mobil VW dan mobil mewah lainnya meramaikan acara ini.

Humas Jambore Nasional VW Indonesia, Hendi Kanduru mengatakan kegiatan ini dihadiri sediktnya 1.500 anggota VW se Indonesia. Jumlah itu belum te17rmasuk anggota non club, club mobil dan sepeda motor lain yang akan datang. Diperkirakan ada 5.000 kendaraan hadir selama Jambore.

“Jumlah ini kalau terjadi Insya Allah kami pecahkan rekor jumlah mobil terbanyak yang kumpul dalam satu lokasi dan satu waktu,” katanya pada wartawan, Sabtu (5/8/2017).

Ia menyebut Jambore nasional diisi oleh acara sosial seperti penanaman pohon dan bibit ikan, kunjungan ke tempat wisata di Kampung Naga dan Gunung Galunggung serta penguatan ekonomi kreatif bagi UMKM lokal. Tak hanya itu, ia mengagendakan deklarasi nasional dan anti narkoba.

“Rencananya dihadiri Nanan Soekarna (Ketua Harley Davidson Club Indonesia) untuk deklarasi kebangsaan dan Budi Waseso (Kepala BNN) untuk deklarasi antinarkoba,” ujarnya.

Puncak acara diselenggarakan di lapangan Pendopo Baru Kabupaten Tasikmalaya. Ribuan kendaraan direncanakan diparkirkan disana sekaligus sebagai tempat menginap bagi para pemilik kendaraannya. Diharapkan kedatangan ribuan orang ini mampu mendongkrak ekonomi dan pariwisata Tasikmalaya.

“Semoga kedatangan kami bisa ikut mendorong kemajuan ekonomi, karena yang datang kesini kan pasti jajan dan jalan-jalan menghabiskan uang disini supaya jadi pemasukan bagi orang lokal,” ujarnya.

Disela-sela mengikuti Jambore, komunitas VW juga diharapkan dapat menikmati obyek wisata di Tasikmalaya. Saat ini tercatat ada 37 destibasi wisata mulai alam, sejarah, budaya, pantai, kuliner hingga tempat rekreasi yang ada di Tasikmalaya

Dari jumlah itu, ada 10 obyek wisata yang menjadi hit dan kerap didatangi wisatawan antara lain:

01. Pemandian Air Panas Ciawi

Jika menuju Tasikmalaya dari Bandung, dari pertigaan Nagreg bisa mengambil rute Ciawi. Di dalam perjalanannya melewati Pemandian Air Panas Ciawi. Tempat pemandian ini tempat menarik untuk dikunjungi. Ada dua kolam, air dingin dan air panas yang bisa ditemukan di tiap bilik kamar mandinya. Tak lupa juga ada restoran di sepanjang jalan yang bisa memuaskan dahaga kuliner Anda setelah lelah berendam di air panas.

02. Gunung Galunggung

Kawah dan pemandian air panas di Gunung Galunggung merupakan salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi. Gunung ini salah satu gunung berapi. Setelah tahun 1982, Gunung Galunggung jadi tempat wisata yang menyediakan pemandangan alam seperti danau, kolam renang, kolam rendam dan bak pemandian air panas.

03. Pantai Selatan Cipatujah

Kawasan pesisir selatan Tasikmalaya memiliki pantai yang bagus dan eksotis. Kawasan wisata pantai harus dikunjungi jika ingin menjelajahi Tasikmalaya. Untuk bisa mencapai pantai harus melewati Kawalu, Sukarata, lalu Cibalong dan Karang Nunggal. Di pantai letaknya berdekatan seperti pantai Sindang Kerta, Pamayang, Batu Pacakop dan Batu Karas.

04. Kampung Naga

Jika penasaran dengan bagaimana sisi tradisional di Tasikmalaya, sempatkan waktu berkunjung ke Kampung Naga. Sebuah desa tradisional dan memegang adat istiadat serta mempertahankan kebudayaan leluhurnya. Mulai dari bangunan hingga gaya hidup yang dianut oleh masyarakat di kampung ini masih sangat tradisional. Untuk bisa mencapai kampung ini Anda bisa melewati jalur utama Garut dan Tasikmalaya.

05. Situ Gede

Situ Gede artinya danau besar. Dengan luas sekitar 47 hektar, danau ini jadi ikon untuk wisata kota Tasikmalaya. Banyak fasilitas hiburan yang di danau ini seperti jogging track, wahana rekreasi, area memancing, tempat untuk berperahu bahkan hingga tempat untuk meeting bisa dinikmati di Situ Gede ini.

06. Masjid Agung Manonjaya

Sekitar 12 km dari pusat kota Tasikmalaya, terdapat Masjid Agung sering dikunjungi oleh pendatang yang ingin mengenal lebih jauh tentang kota Tasikmalaya. Masjid ini dipercaya sudah dibangun sejak tahun 1832, saat itu masih jaman Kerajaan Sukapura pada kepemimpinan Raden Tumenggung Danuningrat, yang merupakan awal mula berdirinya Tasikmalaya.

07. Teejay Waterpark

Wahana air paling baru lokasinya di komplek Asia Plaza di Jalan Hz Mustofa. Dengan luas sekitar 28 hektar, banyak sekali fasilitas yang disediakan seperti kolam ombak, kolam arus, gazebo, tube slider dan juga food court. Dengan harga tiket masuk sekitar 20.000 Rupiah pada weekday dan 30.000 Rupiah pada weekend, Anda sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada di wahana ini.

08. Wahana Air Taman Mangkubumi Indah

Di kawasan Wahana Air Taman Mangkubumi Indah ini tidak hanya tersedia kolam renang untuk anak-anak dan orang dewasa, namun juga berbagai wahana dengan suasana alami lainnya. Hanya di wahana air ini Anda bisa merasakan sensasi berenang dengan suasana perbukitan yang sejuk. Selain itu, ada juga fasilitas lain seperti hotel, wahana flying fox yang menantang, sepeda air, gazebo, hingga panggung hiburan dan juga gedung yang disediakan khusus untuk meeting.

09. Water Splash Indihiang

Ternyata di Tasikmalaya ini banyak sekali waterpark atau wahana air yang menarik untuk dikunjungi. Jika bosan dengan waterpark yang satu, Anda bisa mencoba mengunjungi waterpark yang lain, salah satunya adalah Water Splash Indihiang yang terletak di Jalan Brigjen Wasita Kusuma, Indihiang.

10. Waterboom Maarif Garden

Awalnya, wahana ini didirikan untuk wisata keluarga. Berdiri sejak tahun 2008 tepatnya pada bulan Agustus, Waterboom Maarif Garden menyediakan banyak sekali wahana yang bisa Anda nikmati bersama dengan putra-putri tercinta, di antaranya kolam renang, waterboom, wahana flying fox, wahana bola gelo, berkeliling dengan becak mini, terapi ikan atau fish spa, saung untuk istirahat hingga jajaran kuliner Tasikmalaya yang patut dicoba. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY