Jakarta Incar Wisatawan Taiwan

0
820
Monas salah satu destinasi andalan Jakarta

JakTAIPEI, bisniswisata.co: Pasca promosi wisata di Xiaming China dengan tujuan melirik turis Tiongkok, kini Jakarta mengincar wisatawan Taiwan agar mau berwisata di Ibukota Jakarta.
Promosi wisata bertajuk Jakarta Roadshow 2014 digelar di Grand Hyaat Hotel Taipei, Taiwan, pada 7-11 September 2014.

“Jakarta Roadshow 2014 ke Taiwan wujud semangat Pemprov DKI Jakarta menjadikan pariwisata sebagai salah satu tulang punggung perekonomian daerah. Kegiatan promosi terus ditingkatkan untuk mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan mancanegara ke Ibukota Indonesia, sekaligus menjadikan Jakarta sebagai salah satu destinasi wisata pilihan di dunia,” tutur Kepala Disparbud DKI Jakarta Arie Budiman saat jumpa pers yang dihadiri media massa Taiwan, di Grand Hyaat Hotel, Taipei, Selasa (9/9).

Melalui kegiatan ini, pihaknya akan menginformasikan tetap aman dan kondusifnya kondisi Kota Jakarta bagi kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), tidak terkecuali seusai Pemilu 2014.

Disparbud DKI juga menyelenggarakan forum bisnis untuk mempertemukan para pelaku industri pariwisata Jakarta dengan pihak terkait industri pariwisata Taiwan yang dilanjutkan dengan jamuan makan malam serta Sales Call Visit.

Acara promosi itu juga dimeriahkan penampilan artis-artis Ibukota dan kehadiran juru masak terkenal di Jakarta yang menampilkan seni budaya, serta beragam kuliner Indonesia dan Jakarta.

Meski jumlahnya tidak sebanyak negara-negara Asia lainnya, seperti Malaysia, Tiongkok, Singapura, Jepang, dan Filipina, pasar wisawatan asal Taiwan tetap potensial untuk digarap karena karakteristiknya. Selain untuk tujuan wisata, kedatangan wisatawan Taiwan ke Indonesia diketahui juga untuk kepentingan bisnis, kunjungan keluarga, dan pertemuan plus eksebisi.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, dibanding kota-kota lain di Indonesia, Jakarta adalah destinasi wisata nomor dua setelah Bali yang menjadi pilihan wisman Taiwan berkunjung ke Indonesia. Selama Januari-Juli 2014, total wisman Taiwan yang berkunjung ke Jakarta melalui dua pintu masuk, yaitu Bandara Soekarno-Hatta dan Pelabuhan Tanjung Priok mencapai 123.400 wisman.

Namun, kata Arie, Pemprov DKI Jakarta tetap optimistis jumlah itu bisa makin ditingkatkan. “Selain terus melakukan pembenahan di berbagai sektor terkait kesiapan Jakarta menerima kunjungan wisman secara umum, maupun sesuai karakteristik masing-masing wisman, Pemprov DKI juga akan konsisten melaksanakan kegiatan promosi wisata dan mendorong terciptanya hubungan bilateral antara Indonesia dan Taiwan lebih luas lagi,” tutur dia.

Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia untuk Taiwan Arief Fadillah mengatakan, Indonesia sudah cukup terkenal di Taiwan. Bahkan, termasuk 10 destinasi paling terkenal.

“Dengan adanya Jakarta Roadshow 2014 ke Taiwan ini kami berharap akan menambah wawasan destinasi wisata di Indonesia, tidak terkecuali Jakarta sehingga kunjungan wisman Taiwan ke Ibukota makin meningkat,” kata Arief.

Kepala Bidang Promosi Disparbud DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia menambahkan, saat ini wisman Taiwan menilai Jakarta sebagai salah satu destinasi menarik di dunia untuk bermain golf. Sebab, Jakarta memiliki infrastruktur golf berstandar internasional.

Selain itu, Jakarta berpengalaman sebagai tempat digelarnya ajang pertandingan golf internasional seperti Enjoy Jakarta World Junior Golf Championship (EJWJGC), Enjoy Jakarta Indonesia Open, Enjoy Jakarta Ladies Open, Indonesia Open, dan lainnya, membuat wisman Taiwan kerap berkunjung ke Jakarta untuk bermain golf.

“Dengan infrastruktur golf yang lengkap, memadai, dan berstandar internasional, kami ingin mengambil peluang seiring makin dikenalnya negara-negara Asia sebagai tempat tujuan bagi para pegolf di seluruh dunia. Melalui Jakarta Roadshow 2014 ke Taiwan, kami juga promosikan Jakarta di mata masyarakat Taiwan sebagai salah satu destinasi golf pilihan di Asia maupun dunia,’ kata dia seperti dilansir laman beritasatu.com, Ahad (14/9/2014).

Dijelaskan Cucu, saat ini Jakarta dan sekitarnya terdapat lebih dari 30 lapangan golf berstandar internasional. Mayoritas lapangan golf tersebut dibangun berdasarkan rancangan dari para perancang profesional kelas dunia dan ternama, seperti Jack Nicklaus, Arnold Palmer, Greg Norman, dan lainnya.****

LEAVE A REPLY