Jakarta Food Adventure Populerkan Wisata Jalan Kaki dan Jelajah Kuliner

0
974
Peserta mendapat pengarahan sebelum memulai wisata berjalan kaki seputar Pecinan Jakarta Kota ( foto: Ira Latief)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Menyambut Imlek, Jakarta Food Adventure mengadakan CHARITY WALKING TOUR, kali ini dengan tema ‘Chinatown, Indonesian and Chinese Food Heritage, kata Ira Latief, pendiri komunitas ini, hari ini.

“Tur dengan berjalan kaki yang mengkombinasikan jelajah kekayaan budaya dan kuliner lokal ini akan berlangsung selama kurang lebih 4 jam. Pada hari Minggu 7 Febuari 2016,” jelasnya.

Peserta Tur akan diajak untuk  mengeksplorasi berbagai peninggalan budaya Tionghoa di wilayah Glodok mulai dari Klenteng Dewi Kwan Im yang telah berusia 400 tahun, Gereja Katolik Santa Maria De Fatima yang memiliki arsitektur Cina yang unik, hingga Pasar Tradisional yang menjual berbagai kebutuhan khas orang orang Tionghoa termasuk kebutuhan Imlek.

Selain itu, Tur ini juga mengeksplorasi aneka kuliner unik  khas Tionghoa yang terkenal di kawasan Pecinan ini, dari mulai Kue Keranjang, Pia Beijing, Sup Pi Oh yang terbuat dari Labi Labi/ Bulus (sejenis kura kura), Rendang Vegetarian hingga Babi Vegetarian yang juga boleh dikonsumsi oleh orang orang Muslim.

“ Tur ini dipandu oleh para Tour Guide profesional dan berlisensi, yang juga pecinta kuliner dari komunitas Jakarta Food Adventure.  Konsep “Food Walking Tour”, wisata dengan berjalan kaki untuk mengenal kekayaan budaya (local heritage) dan kuliner lokal adalah paket wisata yang ditujukan untuk wisatawan mancanegara yang sudah umum dijumpai di kota kota besar dunia seperti Paris, London, hingga Kuala Lumpur, namun belum banyak dijumpai di Jakarta,” kata Ira Latief pemilik jaringan martabak D’Marco.

jkt food adventureOleh Karena itu komunitas Jakarta Food Adventure hadir untuk menawarkan sesuatu yang baru kepada para wisatawan mancanegara juga wisatawan nusantara yang datang ke Jakarta,  untuk mengenali kekayaan budaya, sejarah dan kuliner Jakarta sambil berjalan kaki.

Charity Walking Tour di Pecinan ini adalah event perdana yang diadakan Jakarta Food Adventure untuk misi sosial, dan direncanakan untuk diadakan rutin dua minggu atau sebulan sekali, dengan rute berikutnya adalah Jelajah Budaya – Kuliner Indonesia & India di Pasar Baru (Little India).

Jakarta Food Adventure adalah komunitas bisnis-sosial yang didirikan oleh empat orang sahabat, Ira Lathief, Adjie Hadipriawan, Idfi Pancani, dan Indra Diwangkara, yang berprofesi sebagai Tour Guide Jakarta dan juga sekaligus para Penggila Kuliner.

Kesamaan profesi dan minat mendorong mereka untuk mendirikan sebuah bisnis di bidang pariwisata yang juga memiliki misi sosial, yaitu untuk ikut memajukan sektor perekonomian rakyat di bidang kuliner serta berbagi logistik /makanan untuk pihak pihak yang membutuhkan.

Dalam kegiatan Charity Tour Walking kali ini, Jakarta Food Adventure yang memiliki tagline ”Travel, Eat, and Share” berkolaborasi dengan komunitas Berbagi Nasi @berbaginasiID.

Donasi yang terkumpul dari acara ini, disalurkan dalam bentuk makanan dan dibagikan kepada  para gelandangan (homeless) dan orang orang jalanan.  Dengan mengikuti Charity Walking Tour ini, pihaknya ingin mengajak para peserta tur untuk tidak sekedar Jalan Jalan, Makan Makan, tetapi juga untuk berbagi makanan kepada mereka yang membutuhkan.

Perjalanan hari itu diawali dengan berkumpul di Gedung Candranaya Hotel Novotel Jl. Gajah Mada, lalu rombongan berjalan kaki ke Pasar Glodok, Menyusuri jalan Petak Sembilan sambil jelajah kuliner, mengunjungi Kuil Dewi Kwan Im , Gereja Santa Maria De Fatima,  Kuil Tao Se Bio. Rombongan kemudian menyusuri jalan Kali Mati sambil jelajah kuliner lagi hingga akhirnya berakhir di Foodcourt Gloria. (*/hss)

 

LEAVE A REPLY