Panda Taman Safari Dipantau Pemerintah China

0
40
Panda di Taman Safari Bogor (Foto: Wartakota - Tribunnews.com)

BOGOR, Bisniswisata.co.id: Delegasi pemerintah Cina yang dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri Liu Yandong mengunjungi Taman Safari Indonesia di Bogor, Jawa Barat, Ahad (26/11/2017, untuk melihat kondisi sepasang panda raksasa.

Sejak tiba di Tanah Air pada akhir September lalu sepasang panda raksasa, Cai Tao dan Hu Chun, telah selesai menjalani masa karantina dan masa penyesuaian di Taman Safari Indonesia sebagai rumah baru mereka.

“Taman Safari Indonesia bangga bisa membuktikan kredibilitas kami sebagai lembaga konservasi di Indonesia yang ditunjuk oleh pemerintah Republik Rakyat Cina untuk menjaga kelestarian satwa penting dunia seperti giant panda,” ujar Direktur Taman Safari Indonesia Jansen Manansang dalam keterangan resminya.

Menurut dia, berbagai proses untuk memastikan adaptasi panda, operasional semua fasilitas mulai dari edukasi hingga rekreasi untuk pengunjung telah dilaksanakan untuk mempersiapkan wahana Istana Panda Indonesia.

Dalam kunjungan resmi pemerintahan Cina di Istana Panda ini, penyerahan simbolis dokumen kerja sama konservasi panda raksasa diberikan oleh perwakilan State Forestry Administration (SFA) Cina kepada perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI serta pihak Taman Safari Indonesia.

Dirjen Konservasi SDA dan Ekosistem KLHK Wiratno dalam sambutannya menjelaskan bagaimana program pengembangbiakan (breeding loan) panda raksasa dapat menjadi awal dari berbagai kerja sama strategis antara Indonesia dan China untuk memajukan ilmu pengetahuan konservasi satwa ke depannya.

Berada di dalam kawasan konservasi terpadu Taman Safari Bogor, wahana Istana Panda Indonesia terletak pada ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut, dalam sebuah lingkungan alami yang telah dirancang meniru habitat alami panda raksasa di China.

Dikelilingi alam pegunungan yang sejuk, daerah lembah hutan lebat, serta suhu harian yang berkisar antara 15-24 derajat celcius, Istana Panda Indonesia juga merupakan bagian dari 120 hektar kawasan penyanggah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Bogor, Jawa Barat, yang telah tercatat oleh Badan Program Pembangunan PBB (UNDP).

Istana Panda Indonesia diharapkan menjadi simbol persahabatan, perdamaian, kerja sama berkelanjutan, pengetahuan jangka panjang, dan masa depan cerah antara Indonesia dan China. (ANO)

LEAVE A REPLY