Investor Tiongkok Tertarik Invest di Danau Toba Rp133 T

0
230
Selvie di Danau Toba dari Bukit Simarjarunjung (Foto: pariwisatasumut.net)

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Langkah Pemerintah menawarkan destinasi wisata 10 Bali Baru, mengundang ketertarikan dari Investor Tiongkok untuk menanamkan modalnya di kawasan wisata Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut). Investor China rencananya akan membangun jalur kereta api dari Medan menuju Danau Toba dengan investasi sebesar Rp 133,48 Triliun.

Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, para investor asal negeri Tirai Bambu tersebut berminat untuk membangun jalur kereta dari Medan sampai Danau Toba. “Dia mau bangun infrastruktur. Saya pikir dia mau investasi kecil, dia bilang kami siap sampai US$10 miliar (setara Rp133,48 triliun),” papar Menteri di Jakarta, Kamis (13/07/2017).

Ia mengingatkan kepada investor tersebut agar menaati peraturan dan kebijakan Pemerintah Indonesia. Rencananya jalur kereta akan dibangun dengan rute Medan–Kualanamu–Tebing Tinggi–Pematangsiantar, hingga ke kawasan Danau Toba. “Saya bilang, Anda harus mengikuti rules of engagement Indonesia, tidak bisa kamu (investor dari manapun juga) yang atur,” ujar mantan Menko Polhukam ini.

Saat ini Investor asing mulai tertarik untuk menanamkan modalnya di Indonesia, khususnya di Danau Toba. Hal itu terjadi setelah Indonesia telah meraih investment grade dari Standards and Poor’s (S&P) yang merupakan salah satu indikator sasaran berinvestasi.

“Pemerintah memang telah melakukan berbagai perbaikan dalam kemudahan investasi, salah satunya dengan menyederhanakan peraturan, menerapkan transparansi dan cepat mengambil keputusan,” kata Luhut seperti dilansir laman Korpri.id.

Tahun 2017, pemerintah memutuskan untuk membangun prasarana transportasi kereta api dari Medan ke Parapat. Dengan adanya kereta, perjalanan dari Medan menuju Danau Toba hanya menghabiskan waktu 3,5 jam. Sementara jika menggunakan kendaraan pribadi atau bus umum, biasanya menghabiskan waktu sampai enam jam lamanya.

Untuk tahap awal, akan segera dibangun jalur yang menghubungkan Medan sampai Siantar yang memakan waktu tempuh 2,5 jam. Kemudian dari Siantar ke Parapat sekitar satu jam. (*/KID)

LEAVE A REPLY