Investor Rusia Jajaki Investasi Pariwisata Malang

0
475
Air Terjun Coban Rondo Malang

MALANG, test.test.bisniswisata.co.id: Sejumlah investor dari Rusia tertarik menjajaki investasi bidang pariwisata juga pertanian, industri, dan pendidikan di Malang, Jawa Timur.

“Sejumlah investor Rusia akan datang ke Jakarta dan Malang pada Oktober 2016. Mereka menjajaki investasi pariwisata juga produk pertanian dan industri, termasuk kerja sama pendidikan,” tegas Bupati Malang Rendra Kresna, Sabtu (3/9).

Pemkab Malang, lanjut Bupati, sudah melakukan pembicaraan dengan sejumlah investor dari Moskow saat Festival Indonesia di Rusia pada 20-21 Agustus 2016. Keikutsertaan Malang dalam festival, bukan hanya sekedar mengenalkan potensi daerah, juga berusaha meyakinkan mereka agar menanamkan investasi di berbagai bidang termasuk potensi pariwisata yang luar biasa.

Setelah mereka melihat langsung potensi daerah yang dikenalkan, kebanyakan tertarik dengan produk kerajinan Topeng Malang, sayur mayur, dan destinasi pariwisata. Bahkan, komoditas kopi dan teh juga dilirik sebagai bisnis menggiurkan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara menambahkan setelah melihat langsung potensi daerah, warga Moskow langsung menaruh minat tinggi. Mereka optimistis, pertemuan di festival bakal ditindaklanjuti lebih serius dengan melakukan kunjungan ke Malang, untuk selanjutnya berinvestasi.

“Warga Rusia sangat senang dengan budaya Topeng Malang. Mereka berkeinginan ada pertukaran budaya dan pendidikan,” ujar Made.

Selain itu, sejumlah investor menyatakan tertarik bisnis kopi Malang. Memang, kopi Dampit, Kabupaten Malang, sudah merambah pasar negara setempat. Tapi mata rantai perdagangannya terlalu rumit.

“Kendala selama ini karena minimnya penghubung antara pedagang di Malang dengan di Rusia. Oleh sebab itu mereka membutuhkan mediator yang bisa dipercaya, sebab perdagangan kopi kebanyakan dikendalikan mafia sehingga tidak mudah,” katanya seperti dilansir laman Mediaindonesia.com

Setelah adanya pembicaraan serius terkait hal itu, investor menjanjikan bakal datang ke Indonesia. Mereka menindaklanjuti hubungan tersebut agar ketika membawa barang dari Malang bisa terhindar dari mafia. (*/MIO)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.