Investor Polandia Tertarik Investasi Pariwisata di Mentawai

0
834

PADANG, test.test.bisniswisata.co.id: Investor Polandia tertarik sekaligus menyatakan minatnya untuk menanamkan modalnya di Kepulauan Mentawai Sumatera Barat (Sumbar). Investasi yang diminati pengembangan pariwisata, perikanan dan kelautan juga penyediaan jaringan air bersih.

“Perwakilan Kedutaan Polandia, sudah mengunjungi Mentawai untuk melihat potensi yang ada di daerah itu. Serta menjanjikan akan menanamkan modal untuk investasi di sejumlah sektor yang menjanjikan,” papar Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet dalam keterangannya seperti dilansir laman kabar24.com, Senin (25/05/2015).

Bupayi Yudas belum bisa memastikan berapa rencana investasi yang akan digelontorkan pemodal asal Polandia untuk pengembangan bisnis di Mentawai. Namun, pemerintah setempat menjamin kemudahan perizinan bagi investor yang masuk. “Kami sudah komitmen, bahwa tidak ada yang dipersulit untuk investasi di Mentawai. Kami membuka diri,” lontarnya dengan serius.

Bupati Yudas sudah bertemu dengan duta besar Polandia di Jakarta untuk membahas rencana investasi ke daerah terluar di Provinsi Sumatra Barat itu.

Kabupaten Kepulauan Mentawai memiliki potensi pariwisata yang besar dibandingkan dengan daerah lain di Sumbar. Hal itu membuat pemerintah setempat mulai memfokuskan pengembangan sektor pariwisata. Akses investasi pun dipermudah.

Data Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Mentawai menunjukkan, sejumlah potensi wisata alam ada di daerah itu, seperti ratusan lokasi selancar dengan 73 lokasi di antaranya memiliki ombak berskala internasional.

Dua di antaranya masuk dalam 10 tempat selancar terbaik dunia. Mentawai juga menawarkan taman bawah laut dan pantai yang di seluruh wilayahnya. Dari sisi budaya, Mentawai juga menawarkan orisinalitas suku asli Mentawai dengan kearifan lokal yang sangat kaya. ”Potensi itu peluang. Mentawai jauh lebih bisa berkembang dengan pariwisata. Kami fokus ke sana. Tentu tak mudah dan membutuhkan proses,” kata Bupati Judas.

Selain pembenahan infrastruktur secara bertahap, sumber daya manusia yang dapat mendukung langkah itu juga dipersiapkan. Pemkab menyediakan biaya pendidikan bagi warganya yang ingin belajar di bidang kepariwisataan. Dan wisata bahari sejak lama memberi kontribusi bagi warga. ((marcapada@yahoo.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.