Ingin Lihat Generasi Milenial, Presiden Jokowi Nonton Festival Musik WTF

0
166
Presiden Jokowi menikmati Festival Musik WTF (Foto: Liputan6.com)

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Saat Charli XCX tampil dalam Festival We The Fest (WTF) di JIExpo Kemayoran, Jakarta, tiba-tiba keasyikan itu terhenti setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) masuk ke pinggir panggung. Kosentrasi generasi muda pada Jumat (1/08/2017) malam itu terpecah, malah lebih banyak mendekati Presiden Jokowi untuk selvie.

Kehadiran Kepala negara untuk menyempatkan diri menikmati festival musik We The Fest dilakukan secara mendadak, setelah menghadiri acara Silatnas II Relawan Pendukung di Hall A2-3 JIExpo. Saat mobil kepresiden akan meninggalkan JIExpo, tiba-tiba putar balik lantas parkir di depan pintu masuk venue WTF.

Presiden Jokowi yang semula mengenakan batik lengan panjang berganti pakaian, dengan mengenakan kaos abu-abu lengan panjang. Kemudian berjalan kaki memasuki lokasi acara musik anak muda. Di pinggir lapangan yang tertutup pagar besi, presiden Jokowi sempat menyapa para penonton bahkan artis pengisi acara dengan mengangkat tangan.

Sekitar 30 menit, Presiden menikmati suasana malam, musik, melihat anak muda bersuka cita, bahkan ikut mengangguk-anggukan kepala mengikuti irama. Lantas menemui penyelenggara acara untuk ngobrol. “Ngangguk-ngangguk kan bagus….hehehe. Ya memang bagus. Kayak yang terakhir, Codaline tadi. Mungkin 70 persen mirip-mirip the Police. Kelihatannya ya, bener atau salah saya enggak ngerti,” lontarnya.

Diakuinya, sengaja menyempatkan diri menonton konser anak muda seperti ini, untuk melihat dan mengetahui perkembangan industri kreatif saat ini. Tentu kondisi sekarang berbeda dengan saat saya muda. “Jadi saya pengin lihat tren saja, kalau saya kan sukanya metal,”.

“Kita kan harus melihat kelompok-kelompok, kita harus melihat anak-anak muda, generasi milenial supaya apa, supaya nanti kita bisa mengantisipasi kebijakan, kemudian persiapan kebijakan ke depan yang harus kita lakukan,” papar mantan Gubernur DKI Jakarta.

Mantan Wali Kota Solo itu mengaku tidak tahu banyak band yang tampil di festival musik ini. Namun, sempat teringat beberapa band populer saat dia muda. Misalnya Ledd Zeppelin, Nazareth, Judas Priest, Metalica. Yang bisa dia lakukan hanya menikmati lagu.

Orang nomer satu di Republik ini, sempat mendengar langsung kendala yang dialami penyelenggara dalam menggelar acara semacam ini. Jokowi memang ingin mendengar langsung dari pelaku industri agar bisa menentukan kebijakan ke depan. “Kalau kita tidak tahu, mana bisa kita menyiapkan sebuah kebijakan, mengantisipasi sebuah kebijakan untuk kepdepannya,” kata Jokowi.

Dilanjutkan, industri kreatif harus mendapat dukungan dari pemerintah lantaran merupakan salah satu kekuatan bangsa. Memiliki pangsa pasar yang besar, Presiden pun meminta agar kegiatan seperti ini harus digarap dengan baik.

“Ini kan kalau seperti itu tadi, kita bisa melihat di mana posisi kita. Positioning apa yang harus kita ambil. Itu penting karena tadi ada kan misalnya kayak Shura, kita bisa bandingkan dengan The Sigit. Itu seperti apa, kemudian harus ngejarnya di mana,” kata dia.

Presiden berharap, manajemen penyelenggaraan kegiatan industri kreatif harus selalu ditingkatkan sehingga dapat semakin berkembang dan menarik perhatian masyarakat baik di Tanah Air maupun mancanegara. Festival musik ini, sambungnya, merupakan kegiatan positif bagi generasi muda.

Dengan demikian, generasi muda memiliki ruang untuk berinovasi dan berkreativitas secara positif. “Artinya apa, industri kreatif ini kalau digarap secara baik, ini bisa untuk dibawa keluar, mengenalkan Indonesia anak-anak muda diberi ruang untuk berinovasi dan kreativitas-kreativitas yang positif. Saya kira kita harus punya peluang-peluang seperti itu,” kata dia.

Ditanya rencana mendatangkan grup band metal internasional ke Indonesia, Jokowi masih pikir-pikir. Ia ingin melihat terlebih dahulu, seberapa besar geliat musik Tanah Air pada genre tersebut. “Saya mau lihat-lihat dahulu. Ini pertama kalinya saya ke sini (WTF 2017),” sambungnya. (*/BBS)

LEAVE A REPLY