Inggris Keluarkan Travel Advice ke Jakarta

0
375
demo di Monas Jakarta (Foto: Antara)

LONDON, bisniswisata.co.id: Kementerian Luar Negeri Inggris mengeluarkan travel advice terkait Aksi Bela Islam Jilid 3 atau Aksi 212. Warga Inggris diminta untuk waspada dan berhati-hati jika ingin melakukan perjalanan ke Jakarta.

“Anda harus menghindari semua demonstrasi adan aksi protes, karena mereka bisa berubah menjadi liar dengan pemberitahuan kecil, memantau berita lokal, dan mengikuti saran dari pemerintah setempat,” kata Kementerian Luar Negeri Inggris, Jumat (2/12/2016).

Kementerian Luar Negeri Inggris juga meminta warganya di Jakarta untuk membatasi kegiatan mereka di Jakarta dan sekitarnya. “Pilih perusahaan perjalanan yang komprehensif dan bawa asuransi kesehatan sebelum Anda bepergian,” demikian travel advice Kementerian Luar Negeri Inggris.

Jutaan umat Muslim Jakarta diprediksi akan mengikuti Aksi Bela Islam Jilid 3 atau Aksi 212. Mereka akan melakukan salawat, zikir, dan shalat Jumat di Monas. Aksi ini sebagai bentuk protes atas tidak ditahannya Gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dalam kasus penistaan agama. Ahok telah ditetapkan sebagai tersangka dan berkasnya telah dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan. Meski begitu, hingga saat ini Ahok belum juga ditangkap oleh aparat hukum.

Sementara hujan deras turun di langit Monas Jumat (2/12) pagi ini. Namun nampaknya tidak menyurutkan massa aksi belas Islam III untuk tetap melaksanakan shalat Jumat bersama-sama. Malah Presiden Joko Widodo juga ikut melaksanakan shlat Jumat bersama para peserta aksi super damai. Jokowi datang menggunakan baju koko putih didampingi oleh Jaksa Agung Muhammad Prasetyo. Jokowi datang sekitar pukul 11.50 WIB. Di tengah-tengah guyuran hujan deras Jokowi nampak melangkah dengan payung di atas kepalanya.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) juga ikut menunaikan ibadah shalat Jumat bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Lapangan Monas, Jakarta Pusat bergabung dengan para peserta aksi demonstrasi damai. Berdasarkan pantauan dari halaman kantor Wakil Presiden, di Jalan Veteran, JK tiba-tiba menuju ke lapangan Monas bersama Jokowi.

Wapres JK sebelumnya mengatakan akan menunaikan ibadah shalat Jumat di masjid Baiturrahman di kompleks Istana Kepresidenan. Kepada para wartawan saat akan bersiap diri menuju masjid Baiturrahman, ia mengatakan lapangan Monas sudah penuh oleh para demonstran. “Sudah penuh,” kata JK singkat saat akan menuju masjid Baiturrahman di dalam Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (2/12).

Kemudian saat ditanya apakah Jokowi juga turut serta akan menunaikan ibadah shalat Jumat di masjid Baiturrahman, JK pun hanya menunjuk ke arah masjid di dalam Kompleks Istana Kepresidenan. Namun tiba-tiba, Presiden Jokowi dan Wapres JK berjalan kaki menuju lapangan Monas melalui pintu gerbang Istana Merdeka di tengah hujan yang tiba-tiba mengguyur. Jokowi dan JK tampak menggunakan kemeja putih dan celana hitam saat akan menunaikan ibadah shalat Jumat. (*/NDY)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.