Industri Wisata RI-Thai Sepakati Kerjasama Wisata Halal

0
47

Rausak Mulsap, President & CEO AL Meroz, Aswin Yangkirativorn, CEO Thai Lion Air, Rumiati, CEO Patihindo Permai, Tjhan Matius,One World Halal Tourism Hub dan Andy Yang dari Yang World Travel Co.Ltd usai menandatangani MoU kerjasama wisata Halal di hotel Al Meroz, Bangkok, hari ini

BANGKOK, bisniswisata.co.id: Thai Lion Air , Thailand pelopori program wisata halal dan menggandeng industri pariwisata Thailand dan Indonesia untuk mengemas paket-paket wisata halal di kedua negara.

Penandatangan kerjasama berlangsung di Hotel Al Meroz Bangkok, hari ini ( 7/12) dimana Thai Lion Air dan One World Halal Tourism Hub bertindak sebagai whole seller dan membuat paket wisata halal untuk wisatawan Indonesia yang ke Thailand ( outbound) maupun wisatawanThailand yang ke Indonesia ( inbound).

“Pasar wisata halal dari Indonesia sangat besar dan dengan posisi Thai Lion Air di Bangkok sebagai hub maka paket wisata ini bisa kami pasarkan pula ke mancanegara juga karena kami di sini sudah terbang ke 7 negara seperti Indonesia, Singapura, Vietnam, Myanmar, Taiwan, China dan  India,”  kata Aswin Yangkirativorn

Tjhan Matius, Founder & Inventor One World Halal Tourism Hub pada kesempatan yang sama mengatakan penandatanganan kerjasama ( MoU) dengan Thai Lion Air dan industri terkait bukan sekedar seremonial tapi harus diwujudkan bersama karena potensi besar Muslim traveler dari Indonesia dan Thailand sama-sama besar dimana jumlah Muslim Thai kini mencapai 7 juta orang.

Tjhan Matius menambahkan bahwa Thailand saat ini menerima 41 juta kunjungan wisman sehingga jika pemerintah Indonesia mampu memanfaatkan kerjasama ini bisa menjadi “ payung” untuk menjaring wisman yang berkunjung ke Bangkok juga berkunjung ke Indonesia.

Dr.Rusmiati M.Si, CEO PT Patihindo Permai sebagai  pihak ketiga dalam pengembangan paket wisata halal RI-Thai ini menyatakan rasa optimisnya bahwa paket wisata halal ini bisa mendatangkan wisatawan Thailand maupun mancanegara untuk datang ke Indonesia.

“China Muslim sudah banyak yang berwisata ke Thailand sehingga kita juga dapat menjaring mereka untuk datang ke Indonesia,”  tambahnya.

Patihindo ujarnya sudah lama melayani paket wisata umum serta umroh-haji sehingga lewat kerjasama wisata halal ini akan banyak pilihan bagi Muslim Indonesia untuk mendapatkan paket wisata halal.

Pihaknya dalam kesempatan ini juga melakukan MoU dengan Yang World Travel.Co Ltd yang akan melayani wisatawan Muslim Indonesia yang  berwisata di Thailand. Travel agent ini, kata Rusmiati sudah melayani pasar Indonesia lebih dari 30 tahun dan mendidik sedikitnya 100 guide yang mampu berbahasa Indonesia.

Selain itu hotel Al -Meroz di wakili oleh pemiliknya, Rausak Mulsap juga menjadi akomodasi utama bagi paket wisata halal RI-Thai ini. “ Kami mendukung penuh program wisata halal dari Thai Lion Air ini dan siap menerima kunjungan wisatawan dari Indonesia. Hotel kami selama dua tahun terakhir juga banyak dikunjungi Muslim China,” ungkapnya.

Acara MoU wisata halal RI-Thai ini juga dihadiri Sriporn Bhekananda, Asisten Execufive Director Tourism of Thailand ( TAT) yang membidangi wilatah Asean, Asia Selatan dan Pasifik.

“ Kami senang sekali ada program swasta untuk mendorong wisata halal kedua negara dan kita mendukung semua segmentasi pasar yang ada dan berharap paketnya bisa segera diwujudkan. Data resmi TAT wisatawan Indonrdia ke Thailand baru 530 000 orang. Oleh karena itu kerjasama wisata halal jumlahnya akan meningkat” kata Sriporn.

LEAVE A REPLY