Indonesia Targetkan Kenaikan Kunjungan Wisatawan Hong Kong

0
589

HONG KONG, test.test.bisniswisata.co.id: PROMOSI pariwisata Indonesia ke Hong Kong teris digencarkan. Kini, Indonesia ikut dalam event wisata terbesar di Hong Kong, Hong Kong Flower Show 2016, yang resmi dibuka Jumat (11/3). Kehadiran Indonesia di event ini agar terjadi peningkatan kunjungan turis Hong Kong ke Indonesia.

Pameran yang diikuti sekitar 250 instansi swasta dan pemerintah, salah satunya pemerintah Indonesia ini digelar di Victoria Park, taman yang menjadi ikon Hong Kong. Event ini, rutin digelar tahunan yang dalam satu hari pengunjungnya mampu mencapai 300 ribu orang. Event ini berlangsung selama 10 hari dimulai 11-20 Maret 2016.

Gerai Indonesia berornamen Candi Borobudur dan sejumlah bunga khas Tanah Air itu, berada di sisi kiri dan berseberangan dengan panggung utama. Suasana pengunjung selalu ramai baik dari warga Hong Kong, Wisatawan asal China daratan, turis Asia Pasik dan Eropa.

Lima penjaga stan yang direkrut Konsulat Jenderal RI di Hong Kong dari tenaga kerja Indonesia (TKI) jadi daya tarik tersendiri. Dengan berpakaian tradisional Jawa, mereka tak henti-hentinya diminta foto bersama oleh warga Hong Kong dan turis asing.

“Acara ini ajang yang tepat untuk mempromosikan wisata Indonesia. Tak hanya menjaring warga Hong Kong yang berjumlah 7 juta jiwa, kita juga bisa berpromosi kepada warga Tiongkok Daratan dan turis negara lain yang datang ke wilayah ini,’’ papar Konjen RI di Hong Kong Chalief Akbar dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Sabtu (12/03/2016).

Posisi Hong Kong amat menarik. Warga Tiongkok Daratan kerap memilih Hong Kong sebagai keberangkatan sebelum wisata ke luar negeri. Konjen RI di Hong Kong mencatat dalam beberapa tahun terakhir ada 60 juta turis datang ke Hong Kong, 60% di antara mereka dari Tiongkok Daratan. “Karena itu, tidak salah Kemenpar mengincar turis Tiongkok ke Indonesia.” paparnya.

Chalief yakin jumlah wisatawan Tiongkok dan Hong Kong akan bertambah ke Indonesia. Tahun 2015, turis Tiongkok yang melancong ke Indonesia mencapai ada 1,1 juta dan turis Hong Kong 271 ribu orang.

“Indonesia makin menarik dengan kebijakan bebas visa. Turis juga dimudahkan datang ke Indonesia dari Hong Kong karena tiap hari ada 16 penerbangan langsung ke Jakarta, Bali, dan Surabaya,” tutup Chalief. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.