Incar Turis Belanda, Taman Kerkhorff Jadi Destinasi Wisata

0
906

PANGKALANPINANG, test.test.bisniswisata.co.id: Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung segera merenovasi taman makam Belanda atau kerkhorff agar menjadi lebih menarik guna menunjang pariwisata dan keindahan kota. Renovasi dilakukan dengan cara menata ulang kerkhorff seperti taman untuk membuatnya kelihatan menarik.

“Renovasi Kerkhorff mendesak dilakukan melihat kondisinya terlihat kumuh dan tidak rapi. Untuk itu kami akan tata kuburan Belanda itu seperti taman agar kelihatan lebih indah,” papar Sekretaris Dinas Tata Kota Pangkalpinang, Suriyanto di Pangkalpinang, Jumat (24/4).

Menurut dia, renovasi akan dilakukan dengan bercermin dari sejumlah lokasi kuburan di daerah lain di Indonesia, salah satunya kuburan di Semarang. “Yang jelas kami akan ubah tamannya menjadi lebih bagus. Kita lihat di daerah lain seperti Semarang, kuburannya tidak terkesan kumuh tetapi tertata rapi,” jelasnya.

Kerkhorff merupakan titik pariwisata yang harus dijaga dan ditata agar tetap menarik. untuk penataannya nanti, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Disbudparpora. “Target kita wisatawan Belanda dan Eropa. Karena keluarga mereka pasti datang untuk melihat makam sekaligus peninggalan di sini,” tambahnya.

Kabid Destinasi Pariwisata Disbudparpora Kota Pangkalpinang, Pandiar mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi terkait renovasi kerkhorff. “Dinas Tata Kota akan memperbagus tamannya, sedangkan kami akan merehab pagarnya,” ujarnya seperti dilansir laman Antara.

Dikatakan, pihaknya akan terlebih dahulu menyulap pagar kerkhorff menjadi lebih cantik. Setelah itu baru Dinas Tata Kota mempercantik taman. Rencana pembaharuan pagar itu akan dilakukan pada Mei 2015. “Sekarang kami masih persiapan. Kami masih mendisain seperti bentuk pagar yang akan dibangun. Yang jelas kami akan membuat gapura juga di pintu masuknya,” katanya.

Ia menilai, renovasi kerkhorff perlu dilakukan mengingat kuburan Balenda itu adalah salah satu cagar budaya yang harus dijaga dan dilindungi. “Saat ini kondisi makam itu sangat memperihatinkan, untuk itu perlu direnovasi. Kalau sudah bagus dan indah mungkin kami akan tempatkan penjaga. Selain itu makam tersebut agar dijadikan destinasi wisata,” katanya.*

LEAVE A REPLY