INACA: Pengoperasian Terminal 3 Ultimate Jangan Sampai Timbulkan Masalah

0
309
Sukarno Hatta International Airport Terminal 3 front

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Sekretaris Jenderal Indonesia National Air Carriers (INACA) Tengku Burhanudin mengharapkan pengoperasian Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang harus dipersiapkan secara matang. Persiapan itu, meliputi kelengkapan dokumen hingga sisi pelayanan.

“Kami melihat, harus dipersiapkan dengan baik sehingga nanti setelah dioperasikan tidak menimbulkan masalah-masalah,” katanya di Jakarta, Kamis (21/7/2016).

Dilanjutkan, agar bisa beroperasi tidak hanya melihat dari sisi airside atau sisi udaranya saja, melainkan juga akses menuju terminal hingga tempat parkir kendaraan yang perlu disosialisasikan dengan baik.

“Sesuatu yang baru itu banyak yang harus dipersiapkan, sekarang mungkin saja enggak kelihatan (kekurangan), tapi nanti bisa saja bermunculan. Seperti kebocoran, avtur, tower dan lainnya,” lanjutnya.

Kendati begitu, apabila sudah laik dioperasikan, ia berharap Terminal 3 segera beroperasi untuk “Mudah-mudahan dapat dioperasikan segera,” harapnya.

Hingga saat ini, PT Angkasa Pura II (persero) terus membenahi Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, termasuk menyelesaikan satu per satu persyaratan yang diajukan Kementerian Perhubungan.

Direktur Utama Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi mempunyai target akan mempersiapkan berbagai macam kelebihan yang tidak dimiliki bandara Changi di Singapura. Beberapa teknologi fitur seperti Bagagge Handling System (BHS) level 5 hanya ada di Terminal 3 bandara Soekarno Hatta. “Jadi BHS itu bagasi bisa langsung ke pesawat tanpa harus diangkat oleh porter,” ujar Budi di Terminal 3 Ultimate, Tangerang, pekan lalu.

Terminal 3 baru Bandara Soekarno Hatta, kata Budi juga akan menerapkan teknologi inteligence building managemen system, rain water system, dan menggunakan CCTV super canggih. Tujuannya agar penumpang bisa nyaman berangkat dan tiba, serta mudah menyaring Daftar Pencarian Orang (DPO). “Nanti DPO tidak akan lolos,” kata Budi.

Terminal 3 Ultimate bandara Soekarno Hatta memiliki luas 442 m2. Di dalam terminal tersebut nanti akan dilengkapi taman yang rindang serta sajian restauran yang menawarkan kopi lokal. Bahkan, Terminal ini mengusung konsep moderen dan menerapkan beberapa tekhnologi yang mumpuni. Contoh saja dari segi keamanan para penumpang. Dalam terminal ini nantinya akan dilengkapi puluhan CCTV yang siap memantau pergerakan setiap penumpang.

T3 Ultimate ini memiliki 5 lantai, lantai paling bawah digunakan sebagai terminal kedatangan dan lantai 2 terminal keberangkatan. Sisanya digunakan sebagai lounge dan sarana perkantoran. Di dalam terminal, dipisahkan mulai dari lokasi cekin dan ruang tunggu internasional dan domestik. Untuk penerbangan internasional T3 Ultimate sudah dilengkapi garbarata ganda khusus pelayanan pesawat super jumbo ‎layaknya Airbus 380.

Selain itu, dalam penggunaan energi, AP II menerapkan teknologi ramah lingkungan dengan menggunakan pencahayaan lampu LED dan penerangan jalan menggunakan sumber energi solar cell‎. Mengingat tinggi bangunan terminal sekitar 50 meter, nantinya para calon penumpang dapat menikmati pemandangan sekeliling Bandara Soetta dari lokasi drop off ataupun di dalam terminal.

Mengenai moda transportasi yang nantinya menjadi pilihan para penumpang, AP II menyiapkan dua moda transportasi, yaitu bus dan kereta monorel. Monorel‎ ini nantinya akan menghubungkan dari Terminal 3 Ultimate ke Stasiun Bandara dan beberapa terminal lainnya.

Tak hanya itu, tidak perlu ke luar bandara, bahkan keluar terminal, di dalam terminal ini juga difasilitasi dengan hotel. Hotel ini terletak di sisi kanan dan kiri terminal di bagian depan. Sisi kanan dan kiri terminal juga dilengkapi dengan fasilitas parkir bertingkat.

Terminal 3 ini nantinya didesign dengan konsep art and culture. Di mana akan disajikan beberapa ornamen-ornamen yang berasal dari daerah-daerah di Indonesia, salah satunya batik. Di dalam terminal juga terdapat tempat santai yang bisa dijadikan berbagai pameran yang bisa dinikmati para penumpang. (*/REP)

LEAVE A REPLY