Horeee, Mulai 14 Oktober Masuk Ancol Gratis

0
64
Ancol (Foto: Harianterbit.co)

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Warga Ibukota maupun wisatawan nusantara dan mancanegara mulai 14 Oktober 2017 masuk ke Pantai Ancol Jakarta, kini gratis. Jadi semua orang bisa masuk di tempat wisata andalan Ibu Kota tanpa kecuali. Memang lucu juga selama ini warga melihat pantai harus membayar, padahal di penjuru dunia melihat pantai itu tidak bayar alias gratis.

“Saya minta 14 Oktober 2017 uji coba masuk tempat wisata Pantau Ancol gratis untuk orang yang masuk tanpa terkecuali. Uji coba ini dilakukan selama enam bulan ke depan,” papar Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di Balai Kota Jakarta, Rabu (04/10/2017).

Djarot meminta manejemen PT Pembangunan Jaya Ancol mengkaji dengan cermat dari segala aspek tentang penggratisan ini. Ia yakin perusahaan BUMD ini tak akan rugi dengan menggratiskan tiket masuk. “Itu kita tidak mengharapkan orang dihitung per kepala, tapi multiple efeknya itu yang dihitung misalnya kuliner di sana akan laris, pasar seni akan hidup,” ujar dia.

Dia mengatakan, meski masuk Ancol gratis, tarif parkir akan diberlakukan progresif. Artinya, biaya tarif parkir akan terus meningkat setiap jamnya. Penggratisan ini, kata Djarot, tidak berlaku jika ke wahana di dalamnya. “Kendaraan tarif parkirnya progresif, dan kalau dia masuk ke wahana baru bayar,” katanya.

Mantan wali kota Blitar ini menambahkan akan ada pembaruan terkait sistem keamanan seiring penggratisan ini. Salah satunya dengan menutup Ancol pukul 21.00 WIB. Sistem ini akan diuji coba selama enam bulan. “Jam 09.00 malam harus tutup, jadi pengunjung yang masuk sana meski jam 08.00 malam itu jam 09.00 malam harus keluar,” kata dia.

Diakuinya, penggratisan akan menghasilkan multi efek ekonomis ramainya Pasar Seni dan industri kuliner di kawasan Ancol. Sehingga berkurangnya pendapatan dari tiket masuk orang akan dapat tertutupi dari efek tersebut. “Yang kita wanti-wanti soal sampah. Karena banyak yang datang pasti menghasilkan banyak sampah,” tandasnya. (NDIK)

LEAVE A REPLY