Hingga 25 Mei, Bandara Soekarno-Hatta Dipadati Penumpang

0
89
Penumpang Angkutan udara di Bandara Soekarno Hatta

JAKARTA, Bisniswisata.com: Liburan panjang akhir pekan ini bertepatan tradisi ziarah kubur di makam leluhur menjelang bulan puasa, serta momen libur nasional, berdampak positif bagi dunia penerbangan nasional. PT Angkasa Pura II (AP II) memprediksi Bandara Soekarno-Hatta akan padat hingga 25 Mei mendatang.

“Sebenarnya, kepadatan penumpang Bandara Soekarno-Hatta sudah dimulai sejak Sabtu (20/5/2017). Terutama di terminal 1C, yang merupakan terminal untuk maskapai Batik dan Citilink,” papar Public Relation Manager AP II, Yado Yarismano

Lonjakan penumpang di Terminal 1C pada Sabtu lalu terjadi pada jam sibuk (golden time). Menurutnya, pada jam tersebut ada 21 penerbangan yaitu Batik Air dan Citilink yang terbang pada jam sibuk tersebut. “Kebiasaan ziarah masyarakat Indonesia turut berimbas terhadap kondisi terminal Soekarno Hatta. Load factor dari penerbangan di terminal 1C berkisar dari 80 persen-100 persen. Sehingga lumayan padat,” lanjutnya.

Sebagai informasi, kapasitas penumpang per tahun di Bandara Soekarno-Hatta pada tahun 2015 sudah mencapai 57 juta orang. Kondisi tersebut dinilai kurang memadai untuk melayani jumlah penumpang yang terus bertambah.

Pemerintah kemudian membangun terminal 3, yang saat ini baru menampung 8 juta penumpang dari target 25 juta penumpang. Pemerintah menargetkan revitalisasi terminal 1 dan 2 Bandara Soekarno-Hatta, dengan demikian secara total kapasitas bandara bertambah menjadi 65 juta penumpang per tahun. (*/kmp)

LEAVE A REPLY