Hebat, Produk Kuliner Indonesia Dipasarkan Alibaba

0
34
Kopi luwak

SHANGHAI, Bisniswisata.co.id: Jaringan toko ritel Hema dari Alibaba Group yang memiliki 20 outlet di China meliputi 13 toko di Shanghai, 3 di Beijing dan masing-masing 1 toko di Ningbo, Hangzhou, Guiyang, Shenzhen, memasarkan produk-produk kuliner asli Indonesia di antaranya Kopi Luwak dan keripik udang.

Hema dipilih sebagai proyek percontohan konsep baru berbelanja, New Retail, yang akan diperkenalkan Alibaba Group pada festival berbelanja tahunan ‘11.11 Global Shopping Festival Tahun 2017’ pada Sabtu dinihari pukul 00.00 waktu Shanghai. New Retail itu berintikan soal penggabungan pengalaman berbelanja secara online dan offline.

Seperti dilansir laman Bisnis.com, Sabtu (11/11/2017) beberapa konsumen melakukan transaksi pembelian dengan menggunakan aplikasi digital (cashless). Para konsumen tinggal memindai barcode dari produk yang dipilih di anjungan mesin pembayaran, konsumen langsung dapat melakukan pembayaran.

Hema juga melayani pengantaran produk ke tempat konsumen dengan radius maksimal 3 kilometer dari toko Hema. Sebanyak 500 juta konsumen dari seluruh dunia bakal terlibat dalam ‘11.11 Global Shopping Festival 2017’. Konsumen akan mengakses lebih dari 140.000 merek dan 15 juta produk berkualitas dalam festival belanja selama 24 jam.

Festival tahunan yang digelar setiap tanggal 11 November ini sejak tahun 2009, bakal menunjukkan masa depan ritel dengan menanamkan elemen toko fisik di media sosial, konten interaktif dan hiburan dalam satu ekosistem yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Sejak 2009, bentuk festival ini terus berevolusi dari penjualan online 24 jam menjadi festival belanja 24 hari baik di platform online maupun pusat perbelanjaan.

CEO Alibaba Group Daniel Zhang mengatakan event 11.11 Global Shopping Festival, menjadi kali para pertama para pedagang dan konsumen merasakan pengalaman konsep New Retail yang menjadi strategi Alibaba untuk mendefinisikan ulang perdagangan dengan mengintegrasikan kegiatan online dan offline.

Dalam konsep baru itu, konsumen merasakan pengalaman baru pada saat mengunjungi toko-toko tersebut, salah satunya mencoba lipstik dengan menggunakan augmented reality (AR). “Festival tahun ini merupakan kesempatan yang baik untuk menunjukan inisiatif New Retail yang dipelopori oleh Alibaba,” ujar Zhang. (*/BIC)

LEAVE A REPLY