Hawaii Larang Wisatawan Gunakan Sunblock Saat Renang

0
52
Olesi tabir surya (Foto : Saliha.id)

HAWAII, bisniswisata.co.id: Bagi wisatawan saat menjemur dipantai atau berenang di laut, memakai tabir surya atau krim sunblock merupakan lagu wajib. Karena untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Namun kini ada larangan baru saat berwisata bahari di Hawaii. Legislasi Hawaii mengeluarkan undang-undang melarang wisatawan menggunakan tabir surya saat berenang di pantai Hawaii

Dikutip laman CNN Travel, Selasa (8/5/2018), sebuah studi penelitian telah menemukan bahwa bahan kimia yang ditemukan di beberapa produk tabir surya yang populer berbahaya bagi ekosistem laut.

Bahan kimia yang kita gunakan yang mengandung sinar UV tersebut, menyebabkan kerusakan parah pada lingkungan laut Hawaii, menurut sebuah studi oleh Haereticus Environmental Laboratory, sebuah organisasi ilmiah nirlaba. Mereka melihat di perairan pantai setelah para pengunjung pantai berenang di lautan dan melakukan studi melalui pembuangan dari instalasi pengolahan air limbah.

Studi ini menemukan bahwa bahan kimia merembes ke karang muda dan berkontribusi pada pemutihan karang, yang terjadi ketika peningkatan suhu laut membunuh ganggang yang tumbuh di dalam karang, mengubah karang menjadi putih dan menghilangkan nutrisi yang menopang kehidupan laut lainnya.

Menurut sebuah makalah tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Environmental Contamination and Toxicology, sekitar 14 ribu ton tabir surya memasuki terumbu karang dunia setiap tahunnya.

Untuk itu,Legislasi Hawaii melarang penjualan dan distribusi tabir surya yang mengandung dua bahan kimia yaitu oksibenzon dan oktoksoksat tanpa resep dari dokter yang berlisensi.

“Hawaii adalah negara bagian pertama di negara yang melewati ukuran sebesar ini. Dunia sedang menyaksikan. Kami menyampaikan akan pertahankan dan lindungi lingkungan laut kami!” kata negara Senator Akan Espero di Twitter setelah RUU itu disahkan di ruangnya.

RUU itu sekarang diserahkan ke kantor Gubernur Hawaii, David Ige. Jika dia menandatanganinya, hukum akan berlaku 1 Januari 2021. Dalam upaya melindungi terumbu Hawaii, Hawaiian Airlines bulan lalu mulai menawarkan sampel gratis tabir surya alami tanpa bahan-bahan tersebut.

Maskapai ini juga mendorong para penumpangnya untuk belajar lebih banyak tentang Hawaii dengan menunjukkan 11 menit dokumenter tentang setiap penerbangan tentang tantangan lingkungan yang mempengaruhi terumbu karang. (NDY)

LEAVE A REPLY