Hati-hati, 9 Benda Paling Kotor di Pesawat Terbang

0
349

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Jangan pernah mengira jika kamu tidak bisa menemukan benda paling kotor di pesawat terbang. Sama halnya dengan benda paling kotor di kamar hotel, benda-benda ini merupakan benda yang paling sering disentuh dan terpapar oleh banyak kuman.

Inilah daftar 9 Benda Paling Kotor di Pesawat Terbang

01. Meja Lipat

Menurut awak pesawat yang dikutip dari The Telegraph, meja lipat adalah benda paling kotor di pesawat terbang. Meja lipat merupakan area yang paling sering terpapar sentuhan ratusan penumpang yang berbeda dari daerah dan negara yang berbeda-beda. Tidak ada salahnya jika kamu menyiapkan tissue basah atau antiseptik untuk membersihkan terlebih dahulu meja lipat yang hendak kamu gunakan sebagai alas makanan.

02. Hand Arm Kursi Pesawat

Hand arm atau pegangan kursi tak berbeda dengan meja lipat. Benda ini merupakan benda paling kotor di pesawat terbang karena hampir semua orang menyandarkan tangannya. Arm kursi biasanya berbahan plastik dengan sedikit busa. Untuk kelas yang bebeda arm kursi tetap digunakan sebagai penopang tangan. Jika kamu sensitif terhadap bakteri dan kuman, sebaiknya cuci tangan setelah menyandarkan tangan sebelum makan.

03. Gagang Pintu Toilet

Gagang pintu toilet di kabin pesawat terbang sangatlah unik. Pasalnya pintu toilet yang terkunci masih bisa tetap dibuka dari luar oleh awak kabin pesawat terbang dalam kondisi darurat. Biasanya, setiap orang yang telah menggunakan toilet akan mencuci tangan. Terkadang dengan tangan yang masih basah, mereka menutup pintu toilet. Tanpa disadari kuman-kuman akan menempel di gagang pintu toilet tersebut.

04. Layar Sentuh Konsol

Untuk pesawat kelas bisnis memiliki faslitas layar sentuh untuk mendengarkan musik favorit atau film-film pilihan. Layar konsol ini juga bisa digunakan untuk memainkan permainan. Tak disadari jika layar konsol inilah yang juga tidak bisa terbebas dari kuman dan bakteri karena banyak disentuh oleh penumpang yang berbeda-beda dalam satu hari.

05. Lantai Kabin Pesawat Terbang

Tidak semua penumpang memiliki perilaku sopan saat berada di pesawat terbang. Beberapa penumpang dari negara tertentu malah tak sungkan untuk meludah sembarangan di karpet lantai kabin pesawat terbang hingga buang air kecil. Lantai pesawat terbang yang dilapisi karpet merupakan bagian paling jorok di pesawat karena bagian yang selalu diinjak dan paling mudah terpapar kuman dan bakteri. Pastikan selalu mengenakan alas kaki ketika ingin ke toilet sekalipun.

06. Wastafel
Jangan pernah meminum air dari wastafel di kabin pesawat. Paling aman adalah mengkonsumsi minuman dalam kemasan yang tidak terpapar dari luar. Wastafel dan keran air kerap merupakan bagian yang abai untuk dibersihkan. Selain harus mencuci tangan setelah dari toilet, bawa juga tissue basah sendiri agar tangan tetap bersih.

07. Buckle Sabuk Pengaman
Bagian ini salah satu benda paling kotor di pesawat terbang. Hampir sulit untuk selalu dibersihkan setiap transit atau berganti penumpang. Awak kabin tidak akan punya waktu yang cukup hanya untuk membersihkan semua buckle sabuk pengaman kursi pesawat terbang.

08. Handle Bagasi Pesawat

Kalau kamu selalu menjadi yang paling pertama membuka bagasi pesawat terbang, waspada. Karena hampir semua handle atau gagang tak pernah bisa lepas dari paparan bakteri dan kuman yang dipindahkan melalui kontak tangan. Tetap waspada dan cuci tangan jika hendak makan setelah turun dari pesawat terbang.

9. Kantung Kursi Pesawat

Setiap kursi memiliki kantung di bagian belakangnya untuk menyimpan majalah dan petunjuk keselamatan. Banyak yang tidak menyadari jika kantung ini kerap dijadikan sebagai tempat sampah sementara selama perjalanan. Yakini bahwa tidak semua penumpang punya kebiasaan bersih. Terkadang kantung kursi ini pun dijadikan sebagai wadah sementara menyimpan popok bayi yang sudah digunakan. Bahkan yang melewati batas kerap menjadikannya sebagai tempat membuang permen karet hingga sampah lainnya. (*)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.