Hari Pers Nasional 2018: Membangun & Menata Pariwisata Sumbar yang Modern

0
36
Kelok 9, daya tarik wisata Sumbar (Foto: Pecinta Alam.com)

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Sesuai program Gubernur Sumatra Barat, yaitu pengembangan pariwisata di Sumatra Barat, Hari Pers Nasional (HPN) 2018, pada Februari 2018 mengangkat seminar pariwisata dengan judul “Membangun dan Menata Pariwisata Sumbar yang Modern”.

Pembicara dalam seminar tersebut dari Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan, serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Selain itu, akan disertakan juga para pelaku usaha di sektor itu, seperti Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan biro-biro perjalanan.

“Kami harapkan dengan seminar pariwisata itu, bisa memberikan masukan untuk Pemprov dan Pemkab, bagaimana mengembangkan industri pariwisata di Sumbar. Konkretnya bisa meningkatkan kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri,” ujar Nurjaman Mochtar, Ketua II Panitia HPN 2018, Rabu (27/12/2017).

Dalam kesempatan terpisah, istri Geubernur Sumbar, Nevi Irwan Prayitno, menjelaskan kepada Bisniswisata, Sumbar memiliki potensi wisata yang berlimpah. “Mulai dari masyarakatnya yang terkenal dengan keramah-tamahannya, adat dan budaya Minangkabau yang unik, dan alamnya yang indah – mulai dari cantiknya pegunungan, danau dan kekayaan alam bawah laut yang masih sangat alami, seperti di kawasan Mandeh, Kepulauan Mentawai, dan banyak wisata bahari lain di Sumatra Barat,” ujar Nevi Irwan Prayitno.

Dipusatkan di Padang

HPN 2018, tanggal 7-9 Februari 2018, sudah ditetapkan akan dipusatkan di Padang, Sumatra Barat. Persiapan tersebut semakin matang ditandai dengan rapat bersama PWI Pusat yang dipimpin Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang juga Ketua Panitia HPN 2018 Margiono dan Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit.

Dalam kesempatan yang juga dihadiri Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Pemprov Sumbar Reti Wafda dan Kepala Biro Umum Pemprov Sumbar Ruswandi tersebut, Wagub Sumbar mewakili Gubernur Sumbar menyerahkan Surat Perjanjian Kerja Sama (SKP) penyelenggaraan HPN 2018 antara Pemprov Sumbar dan Panitia HPN 2018.

Menurut rencana Presiden Joko Widodo akan hadir, selain dalam puncak acara pada tanggal 9 Februari 2018, juga akan bergabung sehari sebelumnya dalam pesta adat Makan Bajamba – tradisi makan masyarakat Minangkabau dengan cara duduk bersama di suatu ruangan atau tempat yang telah ditentukan.

Presiden juga akan melakukan ground breaking jalan tol Padang-Pekanbaru dan perluasan pabrik Semen Padang. “Kedua proyek tersebut memiliki arti penting bagi pertumbuhan perekonomian Sumatra Barat dan kawasan sekitarnya,” ujar Ketua Umum PWI Pusat, Margiono.

Mengangkat Citra

Wagub Sumbar Nasrul Abit mengatakan, “Pelaksanaan HPN 2018 dapat mengangkat citra Padang dan Sumatra menjadi lebih baik lagi.” Rangkaian acara HPN 2018, selain akan diisi dengan seminar pariwisata Sumbar, juga konvensi dan seminar paralel mengenai perkembangan media massa, pertemuan akbar Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI), pameran pers, serta bakti sosial antara lain pemeriksaan jantung untuk wartawan dan masyarakat luas.

Ketua Umum PWI Pusat Margiono optimistis, HPN 2018 akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. “Semoga masyarakat pers nasional serta masyarakat Sumatra Barat akan mendapat manfaat besar dari kegiatan ini,” ujar Margiono.

HPN 2018 diselenggarakan masyarakat pers nasional yang terdiri dari Dewan Pers, PWI, Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI). (Rita Sri Hastuti)

LEAVE A REPLY