Harga bikin Klenger, Penumpang Tak Tergiur Kereta Sleeper

0
85
Kereta Sleeper

SURABAYA, bisniswisata.co.id: Masyarakat pikir-pikir menggunakan jasa kereta sleeper. Alasannya, selain harga tiket bikin klenger, sangat mahal juga perjalanan kereta tersebut memakan waktu cukup lama, yakni sembilan jam.

“Tiketnya mahal mas Rp900 ribu. Mending numpak pesawat cuma satu jam dari Surabaya-Jakarta,” kata Muhammad Soleh, salah satu penumpang Kereta Sembrani rute Surabaya-Jakarta, di Stasiun Pasar Turi Surabaya, Selasa 12 Juni 2018.

Soleh mengaku tak tergiur dengan fasilitas kereta sleeperdengan tempat tidur dan lainnya. Sebab, menurut dia, penumpang butuh kecepatan bukan lamanya perjalanan yang ditempuh. “Tapi yang jelas harganya sangat mahal, dan perjalanan yang ditempuh sekitar sembilan jam,” ujarnya.

Senada juga disampaikan Sulastri, penumpang KA Argo Bromo Anggrek rute Surabaya-Jakarta. Kata dia, dirinya lebih memilih kereta tersebut dari pada kereta sleeperdengan fasilitas tempat tidur, tv, musik, dan lainnya. “Jarak tempuh perjalanannya tidak jauh beda, yakni sembilan jam. Cuma beda fasilitas, dan harganya selangit,” kata ibu dua anak ini.

Kedua kota ini (Surabaya-Jakarta) berjarak hampir 800 kilometer. Namun dengan kereta rute Surabaya dan Jakarta dapat terhubung dengan cepat, tanpa hambatan, dan tentunya dengan biaya murah.

Perjalanan kereta Argo Bromo Anggrek dari Surabaya ke Jakarta berlangsung selama 9 hingga 10,5 jam, dengan kisaran harga tiket Rp375.000 – Rp485.000 per orang untuk kelas eksekutif. Sedangkan harga tiket kereta sleepersebesar Rp900 ribu per orang, dengan jarak tempuh 9 jam. “Bedanya cuma di harga dan fasilitas. Dari pada naik kereta sleeper, menurut saya mending sekalian naik pesawat lebih cepat,” katanya.

Di hari pertama beroperasi, Selasa (12/06/2018), Stasiun Pasar Turi Surabaya menjual 20 tiket sleeper train. Menurut petugas di loket stasiun, hanya tiga tiket yang terjual. “Dari 20 tiket yang dijual, baru laku tiga tiket. Jadi masih tersisa 17 tiket,” kata petugas yang enggan menyebutkan namanya.

Perempuan itu mengatakan jadwal pemberangkatan sleeper train sebanyak dua kali dari Stasiun Pasar Turi. Pemberangkatan pertama yaitu pukul 08.00 WIB. “Jadwal kedua yaitu pada pukul 20.00 WIB. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 9 jam,” kata petugas tersebut.

Gerbong mewah itu dirangkaikan pada KA Argo Bromo Anggrek. Gerbong berkapasitas 20 tempat duduk dan tempat tidur. “Jadi masing-masing seat alias satu penumpang, harga tiketnya sebesar Rp900 ribu. Ini merupakan tarif promo,” ujarnya.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Gatot Sutiyatmoko menganggap wajar bila kereta sepi peminat. Pada jadwal pemberangkatan pagi, gerbong hanya mengangkut dua penumpang. “Sepi dikarenakan belum banyak masyarakat yang tahu informasi ini,” lontar Gatot seperti dilansir laman Metrotvnews.

Gatot mengatakan gerbong memiliki fasilitas yang membuat penumpang nyaman. Satu di antaranya tempat duduk yang dapat difungsikan menjadi tempat tidur. “Kemudian ada lemari buat menyimpan barang-barang berharga,” katanya.

Tak hanya itu, penumpang juga akan dimanjakan dengan layanan TV yang ada di kereta tersebut. Layanan TV berukuran kecil itu berada tepat di depan penumpang. Pada TV berukuran 12 inchi seperti di pesawat tersebut, penumpang bisa menikmati tiga fasilitas yang ada di dalamnya. Pertama adalah fasilitas MP3 player alias untuk mendengarkan musik.

Lewat fasilitas ini, penumpang juga bisa mendengarkan musik-musik hits baik yang baru maupun lama. Selain itu, musik yang ada di sana juga menyediakan lagu dalam negeri maupun luar negeri dari berbagai genre. (NDY)

LEAVE A REPLY