Hackers Menyerang, 1.400 Penumpang Gagal Terbang

0
463
Kejahatan cyber menyasar penerbangan

WARSAWA, test.test.bisniswisata.co.id: Musuh terbesar dunia penerbangan saat ini bukan terorisme, namun para hackers. Sekitar 1.400 penumpang pesawat Polandia, LOT, di Bandara Chopin Warsawa terpaksa batal terbang karena sistem komputer maskapai yang berada di bandara tersebut yang biasanya digunakan untuk membuat rencana penerbangan diserang hackers, Minggu (21/6).

Sistem komputer tersebut diserang pada sore hari dan baru bisa diatasi sekitar lima jam kemudian, di mana sebanyak 10 penerbangan baik domestik maupun internasional dari maskapai milik pemerintah tersebut dibatalkan dan sekitar satu lusin lainnya ditunda, ujar Juru Bicara Maskapai LOT, Adrian Kubicki.

Disebutkan, LOT menangani semua penumpang pada Minggu Sore dan beberapa di antaranya sudah bisa terbang. LOT menyebutkan, pihaknya menyediakan hotel bagi mereka yang butuh untuk menginap.

Kubick mengatakan, keselamatan penerbangan tak bisa dikompromikan dan para penerbangan tujuan Warsawa dapat mendarat dengan selamat. Tidak ada bandara lain yang terkena dampak tersebut, imbuhnya.

“Kami menggunakan state-of-the-art computer systems, jadi hal ini berpotensi menjadi ancaman bagi yang lainnya di industri,” ujarnya seperti diunggah laman CNA, Senin (22/06/2015).

Penyerangan ini kini sedang diselidiki oleh pihak otoritas setempat. Ia mengatakan, bandara sendiri tidak terkena dampak dari serangan tersebut. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY