Gunung Kaba Kini Dijelajahi Wisatawan Mancanegara

0
313
Turis asing mendaki Gunung Kaba


BENGKULU, test.test.bisniswisata.co.id:
Sejumlah destinasi di Bengkulu mulai diminati wisatawan mancanegara, diantaranya Gunung Kaba di Kabupaten Rejang Lebong.

Kepala Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bengkulu, Rafli di Bengkulu, Ahad, mengatakan, timnya yang tergabung dalam Tim Pengawasan Orang Asing atau Timpora, mengidentifikasi sebanyak 10 wisatawan asing telah berkunjung ke Bengkulu, salah satu tujuannya mendaki Gunung Kaba.

“Sepuluh wisatawan ini hanya berkunjung beberapa hari saja, mereka berkunjung usai lebaran 2016,” ungkapnya di Bengkulu, Senin (01/08/2016).

Selain ke Gunung Kaba, para wisatawan mancanegara tersebut menyempatkan diri untuk berkunjung ke destinasi wisata Air Putih yang berlokasi di Kabupaten Lebong. “Mereka tertarik karena keunikan Sungai Air Putih, sungainya bercabang dua, salah satu cabang airnya dingin, satunya lagi hangat,” katanya.

Keseluruhan wisatawan asing yang mengunjungi destinasi wisata di Provinsi Bengkulu berasal dari Eropa. Mereka melakukan perjalanan wisata dimulai dari Provinsi Lampung atau Sumatra Barat, setelah itu baru berkunjung ke Bengkulu.

“Belum ada wisatawan asing yang menjadikan Bengkulu sebagai tujuan utama, mereka biasanya menyusuri wisata Sumatera dan Bengkulu juga ikut dikunjungi,” ucapnya.

Rafli mengatakan, pihaknya juga tidak bisa secara maksimal mendata kunjungan asing ke Provinsi Bengkulu, karena status Bandara Fatmawati Bengkulu bukan merupakan penerbangan internasional tetapi domestik.

“Kalau penerbangan internasional kita bisa data di bagian imigrasi bandara, berapa jumlah kunjungannya, sementara ini kita hanya memanfaatkan Timpora,” ujarnya. (*/ANO)

LEAVE A REPLY