Goa Lawa Siap Sambut Wisatawan Lebaran

0
1460
Goa Lawa

PURBALINGGA, test.test.bisniswisata.co.id: Destinasi wisata Gua Lawa, di Desa Siwarak, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, siap menyambut wisatawan saat libur lebaran, kata Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan olahraga (Dinbudparpora) Purbalingga Subeno.

“wisatawan yang datang ke Gua Lawa tentunya akan berlibur dan bersenang-senang dengan keluarga atau kerabatnya. Oleh karena itu wisatawan tersebut harus disambut dengan baik oleh seluruh pelaku wisata,” katanya di Purbalingga, Senin (6/7).

Menurut dia, para pelaku wisata antara lain pengelola objek, pemilik kios, pedagang asongan, pemandu wisata, dan petugas parkir akan melayani wisatawan dengan sebaik mungkin saat menikmati objek wisata di lereng Gunung Slamet. “Jangan sampai para wisatawan kecewa. Jadi, mereka harus dilayani sebaik mungkin,” tegasnya.

“Para pelaku wisata harus bersikap profesional dan berpegang pada Sapta Pesona Wisata, yakni mampu menciptakan suasana aman, tertib, bersih, menjaga kesejukan dan keindahan, bersikap ramah, serta mampu memberii kenangan yang baik. Jika wisatawan merasakan hal itu dengan baik, tentunya mereka akan menyebarkan informasi wisata itu ke orang lain, dan suatu saat akan kembali berwisata,” katanya.

Untuk bisa menikmati keindahan Gua Lawa dari dekat, wisatawan menuruni lubang tanah dan menelusuri lorong-lorong dengan lebar sekitar satu meter. Ketika ada di lorong, bisa menikmati lembabnya dalam gua dan merasakan sejuknya mata air yang menetes dari dinding gua.

Karena di dalam gua memiliki kelembaban yang tinggi terdapat beberapa lubang yang berfungsi untuk fentilasi udara. Lubang-lubang berjarak sekitar 30 meter, bukan merupakan sengaja dibuat oleh manusia, tetapi terbentuk dari proses alam. Awalnya lubang-lubang alami tersebut berjumlah 17 buah, tetapi 2 lubang diantaranya mengalami penyempitan dengan sendirinya.

Di Gua Lawa terdapat 14 gua dengan nama-nama yang diambil dari cerita legenda tersendiri yang dapat Anda temui dalam menelusuri Gua Lawa. Salah satunya Gua Batu Semar, gua ini diberi nama tersebut karena di dalam gua tersebut terdapat batu yang bentuknya mirip dengan Semar (Semar adalah seorang tokoh dalam dunia pewayangan).

Ada juga Gua Dada Lawa, gua ini sangat indah dan didalamnya terdapat kolam yang airnya sangat bening. Ada juga Gua Pancuran Slamet, Gua Sendang Slamet, dan Gua Sendang Drajat. Gua-gua ini memiliki sumber mata air yang berbentuk pancuran yang tidak pernah kering.

Di dalam kompleks Gua Lawa dilengkapi dengan berbagai sarana wisata seperti taman bermain Lokaria, taman Kenanga, panggung gembira, tempat ibadah, kamar mandi, tempat parkir, Area Outbound, Camping Ground, Homestay dan lain sebagainya.

Sebagai sarana pendukung lainnya di sekitar lokasi Gua Lawa juga ada penginapan yang tarifnya beragam, jadi bagi anda yang dari luar kota sudah tidak perlu kuatir. Selain Penginapan ,di luar lokasi juga sekarang tersedia pemancingan umum dan perkebunan nanas .Ini di harapkan bisa menarik pengunjung untuk datang ke Gua Lawa mengingat lokasinya juga masih seputar Wisata Gua Lawa.

Untuk mencapai obyek wisata Gua Lawa tidak sulit. Jika Anda dari Kota Purbalingga, arahkan kendaraan Anda ke utara sejauh 27 km. Setelah sampai di Jalan Raya Purbalingga-Pemalang, atau lebih tepatnya di pertigaan Kecamatan Karangreja, terdapat papan selamat datang Obyek Wisata Gua Lawa, ikuti penunjuk arah tersebut, kurang lebih sekitar 3 km dengan jalan yang agak sedikit naik sampailah Anda di lokasi wisata Gua Lawa. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY