Grammy Awards 2017, Joey Bersaing dengan Musisi Jazz Senior

0
213

NEW YORK, bisniswisata.co.id: Joey Alexander, pianis muda Indonesia berusia 13 tahun kembali masuk dalam jajaran nominasi peraih penghargaan Grammy Awards 2017, di mana Adele dan Beyonce bersaing ketat untuk meraih penghargaan di kategori Album dan Lagu Terbaik. Penghargaan Grammy 2017 dijadwalkan berlangsung pada 12 Februari 2017.

Ini merupakan kali ke-tiga bagi Joey, setelah pada Grammy tahun lalu ia masuk dalam nominasi dua kategori yakni Best Jazz Intrumental Album dan Best Improvised Jazz Solo. Kali ini, ia akan bersaing di satu kategori yakni Best Improvised jazz Solo, bersaing dengan musisi-musisi jazz senior, antara lain Ravi Coltrane (In Movement), Fred Hersch (We See), Brad Mehldau (I Concentrate On You), dan John Scofield (I’m So Lonesome I Could Cry).

NBC News melaporkan, Kamis (08/12/2016) Joey merupakan musisi termuda yang pernah masuk dalam kategori jazz di raihan penghargaan Grammy. Pada 2014 lalu, pianis yang belajar otodidak dari video di internet itu menarik perhatian pemain jazz trumpet ternama AS, Wynton Marsalis. Ia kemudian mengundang Joey untuk tampil di ajang jazz di gala Lincoln Centre setelah terkesima dengan permainan Joey via YouTube.

Penampilan yang dihadirkan di gala saat itu mendapat sambutan meriah dengan standing ovation, dan membuatnya menjadi ‘sensasi jazz dalam satu malam’ di AS. Marsalis, dengan anggota komunitas jazz lainnya lalu membantu Joey dan orangtuanya untuk mendapat visa dan berpindah dari New York ke Jakarta.

Joey merilis album perdana pada 2015 berjudul My Favorite Things dan berhasil masuk dalam tangga lagu Billboard di urutan 174, membuatnya musisi Indonesia pertama yang masuk dalam urutan tersebut.

Album yang sama kembali masuk tangga lagu di Januari 2016, di urutan ke-59. Saat tampil di acara penghargaan Grammy 2016 lalu, Joey tampil memukau penonton dan mendapatkan standing ovation.

Album barunya berjudul Countdown dirilis September lalu. Joey Alexander menjadi satu di antara sejumlah musisi asal Asia yang masuk dalam jajaran nominasi peraih penghargaan musik bergengsi Grammy tahun ini.

Selain dirinya, ada pemain cello Yo-Yo Ma, yang telah mengantongi 16 Grammy, dan kali ini dinominasikan untuk dua kategori atas albumnya Silk Road Ensemble. Sementara, rapper Brandon Paak Anderson, yang lebih dikenal dengan sebutan Anderson Paak meraih nominasi di tiga kategori termasuk Best New Artist. Di luar itu, dokumenter I’ll Sleep When I’m Dead yang mengikuti jejak musisi Steve Aoki masuk nominasi Grammy untuk kategori Best Music Film. (*/NDY)

LEAVE A REPLY