Grafik Penumpang Angkutan Laut di Bali Naik

0
329
Wisatawan asing turun dari yacht di pelabuhan Benoa Bali (Foto: http://www.luxury-insider.com)

DENPASAR, Bisniswisata.co.id: Penumpang angkutan laut dari sejumlah pelabuhan di Bali menuju beberapa daerah di Indonesia pada Februari 2017 tercatat 191.087 orang atau meningkat 4,50 persen dibanding bulan sebelumnya yang tercatat 182.864 orang.

“Jumlah tersebut termasuk di antaranya wisatawan mancanegara sebanyak 6.223 orang yang datang ke Bali melalui kapal pesiar,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, Adi Nugroho di Denpasar, Sabtu (15/4/2017).

Ia mengatakan, angkutan barang dari Bali ke berbagai daerah di tanah air melonjak 145,46 persen dari 8.779 ton pada Januari 2017 menjadi 21.598 ton pada Februari 2017.

Meningkatnya jumlah penumpang tersebut dipicu bertambahnya jasa pengguna transportasi laut melalui Pelabuhan Benoa, Bali sebesar 5,35 persen dan pelabuhan laut di luar Denpasar 3,93 persen. “Jika dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya jumlah penumpang tersebut meningkat 55 persen,” ujar Adi Nugroho.

Sedangkan melonjaknya angkutan barang, karena naiknya jumlah barang yang dimuat melalui Pelabuhan Laut di luar Pelabuhan Benoa, Denpasar sebesar 183,56 persen serta meningkatnya jumlah muatan barang melalui Pelabuhan Padangbai sebanyak 5.668 ton dari 1.585 ton pada Januari 2017 menjadi 7.253 ton pada Februari 2016.

Kenaikan yang signifikan itu, menurut Adi Nugroho, karena memuat hasil pertanian, sembako dan kebutuhan lainnya yang diperlukan masyarakat Bali menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939.

Untuk Pelabuhan Celukan Barang di Kabupaten Buleleng, Bali utara terjadi peningkatan muatan sebanyak 6.098 ton dari 45 ton pada Januari 2017 menjadi 6.143 ton pada Februari 2017.

Peningkatan terjadi karena mengangkut limbah batu bara (fly assh) dari pusat pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Celukan Bawang sebagai bahan campuran pembuatan semen. Limbah tersebut dikirim ke Marunda Jakarta.

Bali memiliki lima buah pelabuhan laut yang terdiri atas pelabuhan Gilimanuk (Bali barat) yang menghubungkan dengan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, dan Pelabuhan Padangbai (Bali timur) yang menghubungkan dengan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selain itu pelabuhan Benoa, Denpasar yang berfungsi untuk pelabuhan penumpang ke berbagai daerah tujuan di Indonesia timur, disamping pelabuhan wisata dan pelabuhan perikanan.

Pelabuhan Celukan Bawang di Kabupaten Buleleng, Bali utara berfungsi sebagai pelabuhan angkutan barang, disamping Pelabuhan Nusa Penida, yang khusus melayani penyeberangan lokal di Bali.

Pelabuhan Benoa, Denpasar juga sebagai pintu masuk wisatawan mancanegara dengan menggunakan kapal pesiar, ujar Adi Nugroho. (*/ano)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.