Grafik Kunjungan Turis Asing ke Biak Naik

0
744
Pantai masih orsinil di Biak

BIAK, bisniswisata.co.id: Grafik jumlah kunjungan turis mancanegara (wisman) ke Kabupaten Biak Numfor, Papua mengalami peningkatan dari tahun 2015 sebanyak 1.779 orang menjadi 3.399 wisatawan di 2016.

Pelaksana Tugas Sekda Biak Numfor Enias Rumbewas di Biak, Senin mengatakan salah satu daya tarik wisatawan adalah tempat peninggalan sejarah perang dunia, keindahan alam laut Pulau Biak serta keanekaragaman budaya masyarakat adat Biak melalui Festival Biak Munara Wampasi.

Ribuan wisatawan mancanegara ke Biak pada 2016. Menurut data Dinas Pariwisata mereka berasal dari Jepang, Belanda, Australia, Korea, Amerika Serikat, Cina dan Eropa. Sementara untuk jumlah kunjungan wisatawan nusantara yang berkunjung ke Biak juga mengalami lonjakan dari 28 ribu wisatawan naik menjadi 30 ribuan orang di tahun 2016.

“Pemkab Biak Numfor optimistis di 2017 ini arus kunjungan wisatawan ke Biak Numfor akan mengalami peningkatan dalam upaya menjadikan Biak sebagai destinasi wisata,” ujarnya seperti dilansir laman Antaranews, Senin (06/03/2017).

Kepala Dinas Pariwisata Turbey O Dangeubun mengatakan Pemkab Biak Numfor pada 2017 akan mengelar Festival Biak Munara Wampasi sebagai even pariwisata tahunan pariwisata daerah.

“Untuk pengelolaan Festival Biak Munara Wampasi, kami akan melibatkan mitra penyelanggara festival, ya ini kami akan membuka penawaran lelang dalam waktu dekat,” katanya.

Juga salah satu strategi untuk mengembangkan potensi pariwisata Biak Numfor melalui promosi wisata daerah. “Promosi potensi wisata bahari Biak diharapkan pada tahun depan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara ke Biak,” katanya.

Biak salah satu pulau kecil di Teluk Cenderawasih, Provinsi Papua. Pulau Biak dan Pulau Numfor membentuk satu nama kabupaten yang bernama Kabupaten Biak Number dengan ibukota kabupaten di Biak.

Letak kabupaten ini sangat strategis karena berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik. Pantai Bosnik, Air Terjun Wafsarak, Taman Burung dan Anggrek merupakan sebagian destinasi wisata dari sekian banyak destinasi menarik lainnya. Dan kini Biak memiliki obyek wisata bahari Kampung Samberpasi di Kepulauan Padaido/Aimando. (*/END)