Gongso, Menu Legendaris Hadir di Assalamam Syariah Hotel

0
99
Babat gongso (Foto: Diah Didi)

SUKOHARJO, bisniswisata.co.id: Gongso, menu legendaris dari Jawa Tengah (Jateng). Gongso dalam bahasa Jawa artinya ditumis dalam waktu agak lama. Gongso semula hanya khusus untuk babat saja, namun kini mengalami evolusi sehingga ada gongso ayam, gongso ati ampela, gongso telur dan menu lainnya sesuai dengan selera. Selama ini kuliner khas banyak dijumpai di pinggir jalan, warung hingga restoran.

Namun kini gongso masuk hotel. Assalaam Syariah Hotel di Sukoharjo Jateng, memilih menu gongso untuk mengakhiri tahun 2018. Ada berbagai jenis menu gongso yang siap menyambut penunjung selama tiga bulan kedepan.

Beberapa menu gongso yang ditawarkan di antaranya ada kikil gongso, paru gongso, iso gongso, ceker gongso dan ayam gongso. Harga yang ditawarkan mulai Rp10.000 per porsi. Pemilihan menu gongso untuk menyesuaikan selera mahasiswa. Mengingat lokasi hotel ini berada di kawasan kampus, yang mayoritas kuliner gongso sudah menjadi tren bahkan ngetop dibanding menu lainnya.

Manager Assalaam Syariah Hotel, Erna Herdina mengatakan selama ini hotel selalu menghadirkan menu baru setiap tiga bulan sekali. Kini mengangkat menu gongso yang memiliki cita rasa khas karena diproses melalui perebusan (ungkep) dalam jangka waktu yang lama dengan bumbu spesial.

“Sehingga olahan gongso memiliki tekstur empuk, bumbunya sangat terasa merasuk sampai ke dalam, gurih dan sedikit pedas sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat. Terdapat tambahan acar mentimun dan kubis membuat hidangan ini semakin segar” jelas Erna seperti dilansir laman JIBI/Solopost, Kamis (04/10/2018).

Setelah melalui proses ungkep, lanjut dia, olahan menu kemudian digongso dengan bawang putih, cabai dan kecap sehingga memunculkan aroma harum khas gongso. Menu gongso diasajikan bersama lalapan seperti daun kemangi, timun dan tomat segar.

Untuk melengkapi menu terasebut, didiapkan pula menu minuman spesial, yaitu Ice Matcha latte. Selain menyegarkan, Ice Matcha Latte disebut memiliki khasiat untuk menangkal radikal bebas karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

“Ice Matca Latte Assalaam Syariah Hotel di buat dari bubuk matcha atau teh hijau pilihan sehingga rasa dan aroma teh hijau langsung tercium saat di sajikan,” kata Public Relation Assalaam Syariah Hotel, Ryan Prihtani. Minuman hijau tersebut bisa dinikmati dengan harga Rp12.000. (EP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.