GMT, 5.000 Wisman Serbu 10 Kota di Indonesia

0
525
SOLAR ECLIPSE CAIRNS

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: BADAN Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) mencatat sekitar 5 ribu wisatawan mancanegara (wisman) menyerbu Indonesia, hanya untuk menyaksikan langsung fenomena alam gerhana matahari total (GMT), pada 9 Maret 2016.

Para travelling, pengamat astronomi hingga putri Kerajaan Thailand menyaksikan GMT dengan menyebar di 10 kota, yang menjadi lokasi paling jelas untuk mengamati fenomena alam langka ini. Ke-10 kota: Palembang, Kepulauan Bangka Belitung, Sampit, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Poso, Luwuk, Ternate, dan Halmahera.

“Tak hanya sekitar 5 ribu wisatawan asing yang datang khusus untuk menyaksikan gerhana matahari total, tetapi antusias wisawatan domestik jauh lebih luar biasa lagi,” ujar Pathul Bahri, Direktur Eksekutif Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI).

Berdasarkan laporan yang diterima BPPI, jelas Pathul, tingkat hunian kamar atau okupansi hotel terjadi lonjakan cukup signifikan di 10 kota tersebut. Apabila pada hari biasanya rata-rata okupansi hbotel hanya 60 persen, maka saat ini meningkat menjadi sekitar 80-90 persen di lokasi-lokasi tertentu. “Kabarnya Presiden Jokowi akan ke Belitung untuk ikut menyaksikan langsung gerhana matahari total,” ungkapnya.

Menurutnya, sejumlah pemerintah daerah bahkan membuat perayaan khusus saat gerhana matahari total guna menarik lebih banyak turis singgah di kota-kotanya. “Bahkan di Palembang, jembatan Ampera ditutup mulai Selaa tengah malam, 8 Maret hingga 9 Maret,” tuturnya.

Tak hanya di 10 kota itu, Pathul memperkirakan hotel-hotel di sejumlah kota besar seperti Jakarta, Medan, Bali dan Jogjakarta juga akan mendapatkan ekses positif dari fenomena alam ini. Pasalnya, gerhana matahari total diperkirakan masih dapat dilihat di langit kota-kota itu meski tidak sejelas 10 kota utama.

Sejauh ini, lanjutnya, episentrum wisata Indonesia masih terpusat di Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara Barat. Hampir sekitar 70-80 persen industri pariwisata nasional masih disumbang dari tiga wilayah tersebut. “Kami berharap Indonesia aman ke depannya dan arah kebijakan tidak berubah sehingga potensi wisata di Indonesia timur bisa dioptimalkan,” tuturnya. (*/CNN)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.