Gempa Palu, Obyek Wisata Owabong Sumbang Seluruh Pendapatan Tiket

0
103
Obyek Wisata Owabong

PURBALINGGA, bisniswisata.co.id: Penanganan pascagempa Lombok belum lagi usai, ketika gempa Palu dan Donggala disusul tsunami kembali memporakporandakan jantung Nusantara. Empati dan kesadaran untuk berbagi muncul dari berbagai belahan Indonesia dan dunia. Bencana, selalu menorehkan luka yang mendalam. Mereka kehilangan anggota keluarga, juga harta benda.

Sejujurnya, amat jauh untuk menghubungkan antara wisata dan bencana. Dua kosakata ini berada di kutub yang berbeda. Wisata lekat dengan rekreasi dan kesenangan. Sebaliknya, bencana adalah kosakata yang mewakili kesedihan dan kesusahan.

Namun, apa yang dilakukan Perusahaan Daerah (PD) Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong) Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) ini menunjukkan meski berada di kutub berbeda, mereka tetap bisa berbagi kebahagiaan dengan korban bencana gempa Palu dan Donggala.

Owabong menyumbangkan seluruh pendapatan tiket selama lima hari (1-5 Oktober 2018) untuk korban gempa Palu dan Donggala. Tiket itu meliputi wahana Family Park, Sanggaluri Park dan penginapan di Owabong Cottage. Dengan disumbangkannya seluruh pendapatan tiket, secara tidak langsung, wisatawan yang berkunjung ke Owabong berbagi kebahagiaan dengan korban gempa dan Tsunami Palu dan Donggala.

“Kita mengumpulkan donasi untuk saudara-saudara kita yang terkena musibah dengan cara berwisata ke Owabong,” kata Direktur Owabong, Hartono, seperti dilansir laman Liputan6.com, Ahad (07/10/2018).

Ia juga mengajak seluruh pengelola destinasi wisata lain di Purbalingga untuk melakukan hal yang sama. Tujuannya tentu untuk meringankan penderitaan korban bencana gempa Palu ini.

Tercatat Selama lima hari itu, PD Owabong berhasil mengumpulkan dana dari tiket masuk sebesar Rp 114 juta. Seluruhnya bakal disumbangkan kepada korban gempa Palu dan Donggala. Selain menyumbangkan pendapatan tiket tersebut, Owabong juga akan mengirimkan empat orang relawan ke Palu termasuk dia sendiri untuk membantu tim penolong.

“Saat ini kami sudah berkoordinasi dengan BPBD Purbalingga, perihal pengiriman relawan dan sekaligus bantuan. Dengan disumbangkannya pendapatan tiket selama lima hari itu, secara tak langsung wisatawan yang datang ke Owabong ikut membantu korban bencana alam itu<' paparnya. Dibalik itu juga ada makna, ketika kita bisa menikmati wisata dengan ceria, ketika itu pula kita harus ingat dengan saudara-saudara kita yang terkena musibah, sambungnya. Objek Wisata Air Bojongsari (Owabong) Purbalingga merupakan wahana air kolam renang, kini ada wahana baru berupa kawasan Coralia 3 yang meliputi kolam snorkeling untuk anak dan dewasa, clock jump, russian swing, serta sikoplok atau panjat tebing di atas kolam. Tahun 2017, Pengunjung objek wisata di bawah manajemen PD Owabong sebanyak 1.272.025 orang. Target tahun 2018 diharapkan ada kenaikan 15 hingga 20 persen dibanding tahun sebelumnya. (EP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.