Gemerlap Wisata Pergantian Tahun Dinaungi Kelip Cahaya

0
317
Garden by the Bay di Singapura

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Menjelang akhir tahun banyak tempat wisata yang mendekorasi ruangannya dengan tema Natal dan Tahun Baru. Salah satu dekorasi yang paling sering ditampilkan ialah tata lampu yang dibuat mulai dari yang bernuansa temaram sampai megah.

Bila masih mencari lokasi yang tepat untuk menghabiskan liburan akhir tahun dan ingin menikmatinya di bawah kelap-kelip cahaya, ada beberapa tempat di berbagai negara yang dapat disinggahi untuk wisata pergatian tahun:

01. Singapura

Setiap menjelang Natal dan Tahun Baru, Garden by the Bay di Singapura selalu menghadirkan sejumlah bangunan hiasan di kompleknya dengan tata lampu yang menarik. Tahun ini, dengan tema Christmast Wonderland, taman hijau buatan ini kembali membawa 67 bangunan, mulai dari hiasan lampu taman hingga bentuk kastil setinggi 19 meter.

Dalam atraksi yang mengambil nuansa arsitektural Baroque dari Italia abad ke-17 dan 18 tersebut, pengunjung dapat menikmati kelap-kelip 240 ribu bohlam berwarna merah, biru, kuning, dan hijau yang berpendar di arena seluas 57 ribu meter persegi.

Di dalam pertunjukan yang akan berlangsung hingga 1 Januari nanti, ada juga atraksi lain seperti hutan pinus dan pondok Santa, dan istana es. Dalam istana es, anak-anak dan remaja dapat main ice skating dan perosotan es serta salju.

Untuk masuk ke arena ini, pengunjung harus membeli tiket S$12 (sekitar Rp120 ribuan) dan belum termasuk tiket wahana tambahan di dalamnya.

02. Jepang

Di Negara Matahari Terbit ini ada banyak tempat yang bisa dikunjungi bila ingin menikmati suasana musim dingin di bawah kelap-kelip lampu. Di Tokyo, ada beberapa tempat yang selalu memasang ribuan lampu menjelang malam pergantian tahun. Salah satunya di Shiodome City Center.

Di tempat ini, ada ruangan yang penuh berisi lampu biru temaram dan indah. Pertunjukkan ini digelar secara gratis hingga 14 Februari 2017. Bila ingin merasakan nuansa hutan yang isinya dirangkai oleh kelap-kelip lampu, silakan datang ke Sagamiko Illumillion di Kanagawa hingga 9 April 2017.

Di hutan Lake Sagami Resot Pleasure Forest ini, ada lima juga lampu LED terhampar di sisi bukit, pertunjukkan lampu dengan air menari mengikuti alunan musik, lorong cahaya, dan juga taman bermain. Biaya masuk ke arena ini sebesar 800 yen (sekitar Rp92.000).

Jika menginginkan sedikit imajinasi seperti Wonderland, Anda bisa ke Osaka Hikari Renaissance. Di lokasi dekat stasiun Yodoyabashi atau Naniwabashi ini, ada sejumlah bangunan yang dihiasi berbagai mosaik cahaya, lorong cahaya, instalasi seni, sekaligus bazaar makanan untuk para pecinta kuliner. Tarif masuknya? Gratis.

Atau, bisa ke Midosuji Illumination berupa hiasan lampu sepanjang tiga kilometer Midosuji Street di pusat kota Osaka. Hiasan lampu yang akan ada hingga 9 Januari ini disebut yang terpanjang di dunia. Di sisi jalan, ada banyak toko dan bangunan bersejarah yang dapat dinikmati bersama indahnya lampu.

03. Amerika Serikat

Ketimbang pergi ke Disneyland, ada beberapa alternatif tempat lain yang dapat dikunjungi bila mencari nuansa penuh kelap-kelip lampu. Di New York City, ada pohon Natal di Rockefeller Center setinggi 28 meter dengan 50 ribu lampu. Ada juga beragam atraksi lain dari pohon Natal origami dari American Museum of Natural History.

Salju memang tidak turun di California Selatan, namun di the Grove Los Angeles, ada salju buatan yang dapat dinikmati saat liburan akhir tahun. Di tempat ini pula, ada pondok Santa dan berbagai pengalaman ala ‘Alice in Wonderland’.

04. Kanada
Air terjun Niagara yang terletak di Ontario, Kanada, mengalami perubahan warna menyambut pergantian tahun. Penambahan lampu cantik warna warni yang membuat airnya bersinar kala malam hari.

Sebelumnya, Niagara telah dibuat bersinar kala malam hari sejak 1925. Namun, manajemennya baru saja mengubah sistem pencahayaannya menjadi lebih hemat energi.

Sebanyak 1.400 bola lampu LED disusun dalam sistem pencahayaan baru itu, menggantikan sebanyak 21 lampu Xenon yang telah menyinari selama dua dekade. Ribuan lampu LED itu bisa diatur sedemikian rupa dan bersinar hingga 1.800 kombinasi warna.

Air terjun Niagara memiliki total panjang 323 meter dan total tinggi 53,6 meter. Volume air yang mengalirinya sebanyak 567,811 liter per detik. Air yang mengalir berasal dari danau Great Lake, di kawasan Amerika Utara.

Danau Great Lake merupakan sumber mata air bersih terbesar di bumi. Danau itu bahkan menyumbang 18 persen kebutuhan air bersih di dunia. Puncak derasnya Niagara bisa disaksikan sekitar bulan Juni, Juli dan Agustus. Di saat itulah, banyak wisatawan yang mengerubungi objek wisata alam ini. (*/BBS)

LEAVE A REPLY