Fun Run 5 K Road To Sabang Meriahkan Sail Sabang 2017

0
83
Peserta Fun Run 5 K Road To Sabang

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Meriahkan event Sail Sabang 2017, Pemerintah Provinsi Aceh menggelar Fun Run 5K ‘Road To Sabang 2017’. Acara fun run bertepatan dengan Car Free Day, Ahad (19/11/2017) dimulai dari FX Sudirman Senayan Jakarta Pusat, jembatan Semanggi, Bundaran Senayan dan Finish Pintu 1 Senayan, Jakarta Pusat. Sekitar 200 peserta, termasuk Wagub DKI Sandiaga Uno meramaikan acara yang dibuka Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

“Kami sangat mengapresiasi Pemprov DKI Jakarta yang ikut mempromosikan Sail Sabang. Kegiatan ini akan dibuka Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada 2 Desember 2017 di Teluk Sabang, Aceh,” papar Wagub Aceh Nova Iriansyah sebelum melepas bendera start.

Nova menjelaskan Sail Sabang 2017 digelar di Sabang (Pulau Weh), Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) sejak 28 November hingga 5 Desember 2017. Dan acara ini dibuka Presiden Jokowi pada 2 Desember 2017. Bersamaan dengan itu Presiden akan mengadakan beberapa acara lain seperti pemberian gelar pahlawan nasional Laksamana Malahayati, Perempuan Perkasa Dari Aceh.

Dilanjutkan Sail Sabang mengambil tema Sabang menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia ini berfokus pada pengembangan pariwisata di Sabang yang akhir-akhir mengalami kenaikan sangat pesat.

Acara opening ceremony Sail Sabang 2017 akan menampilkan tarian kolosal Laksamana Malahayati, toll ship parade (melayarkan KRI Bima Suci dari Spanyol dan mengundang tall ship atau kapal dengan layar tinggi dari negara-negara yang dilewati seperti India, Malaysia, Thailand, dan Singapura),

Bahkan, diikuti Kapal Pemuda Nusantara, kapal riset Baruna Jaya IV dan Baruna Jaya VIII, konvoi 170 kapal yacht peserta Sail Sabang 2017 dari Langkawi, Phuket, Singapura, Australia, Eropa, dan parade kapal nelayan tradisional.

Selain itu, akan digelar juga sejumlah kegiatan sebagai supporting event antara lain Jambore Iptek, International Freediving Competition, Sabang Underwater Contest, Sabang Carnival, Kapal Pemuda Nusantara, Aceh Culinary and Coffee Festival, Sabang Wonderful Expo and Marine Expo, Sales Mission Cruise Operator and Yacht, juga Seminar Wisata Bahari.

Kegiatan-kegiatan lain yang kalah menarik adalah Pentas Pesona Indonesia, lomba memancing, lomba video dan foto melalui drone, Welcome Dinner, City Tour Banda Aceh, dan bakti sosial serta bersih pantai.

Ditambahkan, menjelang pelaksaan event Sail Sabang, jumlah kapal dan jadwal pelayaran menuju Kota Sabang ditambah. Hal ini untuk mendukung pelakasanaan gelaran internasional itu. Nanti, akan ada penambahan satu unit Kapal Motor Penumpang (KMP) Belanak yang didatangkan dari Medan, Sumatera Utara. Penambahan moda transportasi umum itu akan berlangsung selama 4 hari.

“Alhamudillah untuk Sail Sabang sudah kita siapkan semua termasuk penambahan kapal yaitu KMP Belanak. Bahkan frekuensi pelayaran selama Sail Sabang juga kita tambah. Penambahan jadwal pelayaran ini dimulai sejak 24 November atau empat hari sebelum pelaksaan Sail Sabang,” tambah dia.

Dengan adanya penambahan satu kapal, penumpang yang akan berangkat ke Sabang akan diangkut oleh tiga kapal lambat. Ketiganya yaitu KMP BRR, KMP Belanak dan KMP Tanjung Burang. Sementara untuk kapal cepat yaitu Ekspres Bahari 2F, Ekspres Bahari 8B dan Ekspres Cantika 89.

Untuk KMP BRR sendiri, dapat menampung 450 hingga 500 penumpang ditambah 40 unit kendaraan roda empat. Selain itu, kapal ini juga mampu mengangkut 100-an motor dan 26 unit truk. “Tujuan penambahan kapal penumpang ini untuk memudahkan transportasi menuju Sabang. Juga ada dukungan penerbangan yang ke Sabang,” sambung Wagub Nova. (NDIK)

LEAVE A REPLY