Film Animasi Battle of Surabaya Raih Gold Remi Award

0
376

TEXAS, test.test.bisniswisata.co.id: Film animasi karya anak negeri, Battle of Surabaya meraih Gold Remi Award. Penghargaan ini, bukanlah capaian biasa. Apresiasi dunia ini diberikan dalam salah satu festival film bergengsi yang digelar di Huston, Texas, dan diikuti oleh 4.500 peserta dari 37 negara.

“Alhamdulillah MSV Pictures berhasil meraih Remi Award 2016 dalam The 49 World Fest-Houston International Film Festival pada 17 April kemarin,” tutur Chief Marketing Officer MSC Pictures, Agung Wijanarko saat ditemui di kampus Amikom, Yogyakarta, Jumat (29/5).

Ia berharap melalui penghargaan ini film Battle of Surabaya dapat semakin dikenal oleh masyarakat dunia. Meski demikian, tim penggarap Battle of Surabaya tidak berpuas diri. Saat ini MSV Pictures tengah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk memasarkan film animasi tersebut ke berbagai negara. Dalam waktu dekat ini, Battle of Surabaya pun akan mengikuti Festival Film Cannes di Perancis.

Agung menyampaikan, sekarang MSV Pictures pun tengah menjalin komunikasi dengan salah satu distributor film animasi di Malaysia. Sebab dalam beberapa waktu ke depan, film berlatar perang tersebut akan segera ditayangkan di Vietnam dan Jepang. “Battle of Surabaya versi internasional dan Jepang kan sudah rampung. Jadi ini kita tinggal distribusikan,” tuturnya.

Beberapa Penghargaan yang diraih dalam film animasi ini: Nomination Best Foreign Animation Trailer, The 15th Annual Golden Trailer Award 2014, Winner People’s Choice Award, International Movie Trailer Festival (IMTF) 2013, Winner Digital Animation, INAICTA 2012, Winner Indigo Fellowship, PT Telkom Indonesia 2012 dan Nominee Appreciation Film of Indonesia, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) 2012

Battle of Surabaya adalah film animasi 2D, drama, aksi dan sejarah Indonesia produksi MSV Pictures. Karya perdana sutradara muda Aryanto Yuniawan ini menampilkan tokoh dan cerita fiktif, namun berlatar belakang sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada saat perang Surabaya 1945. Trailer film ini telah meraih beberapa penghargaan, diantaranya Most People’s Choice Award IMTF (International Movie Trailer Festival) 2013 dan Nominee Best Foreign Animation Award 15th Annual Golden Trailer Award 2014.

Film ini menceritakan petualangan Musa, remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir bagi perjuangan pejuang arek-arek Suroboyo dan TKR dalam peristiwa pertempuran dahsyat 10 November 1945 di Surabaya.

Cerita dibuka dengan visualisasi dahsyat dari pemboman kota Hiroshima oleh Sekutu yang menandakan menyerahnya Jepang. “Indonesia merdeka, itu yang kudengar di RRI, Jepang menyerah!”, kata Musa. Tetapi langit Surabaya kembali merah dengan peristiwa Insiden Bendera dan kedatangan Sekutu yang ditumpangi oleh Belanda.

Belum lagi gangguan oleh beberapa kelompok pemuda Kipas Hitam yang dilawan oleh Pemuda Republiken. Residen Sudirman, Gubernur Suryo, Pak Moestopo, Bung Tomo dan tokoh-tokoh lain membangkitkan semangat arek-arek Suroboyo & pemuda Indonesia bangkit melawan penjajahan.

Musa dipercaya sebagai kurir surat dan kode-kode rahasia yang dikombinasikan dengan lagu-lagu keroncong dari Radio Pemberontakan Rakyat Indonesia yang didirikan Bung Tomo. Berbagai peristiwa dilalui Musa sebagai kurir, kehilangan harta dan orang-orang yang dikasihi menjadi konsekuensi tugas mulia tersebut.

Cerita ini merupakan cerita adaptasi dari pertempuran 10 November di Surabaya. Selain tokoh-tokoh nyata, terdapat tokoh fiktif yang sengaja dibuat untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Pesan perang tentang semangat, cinta tanah air, dan perdamaian. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY