Festival Indonesia, Warga Moskow Padati Kelas Membatik

0
437
Warga asing belajar batik (Foto: .sitekno.com)

MOSKOW, Bisniswisata.co.id: Festival Indonesia di kota Moskow Rusia, mendapat sambutan luar biasa. festival tahun ke-dua ini dihadiri puluhan ribu pengunjung wrga Rusia. Festival mengangkat tema “Visit Wonderful Indonesia: Enjoy its Diversity”, pengunjung yang datang disuguhi kuliner serta pertunjukan seni budaya khas Indonesia, termasuk pelatihan membatik.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia, M. Wahid Supriyadi, mengatakan festival digelar di Hermitage Garden, festival tersebut berlangsung dari Jumat (4/8) sampai Minggu (6/8).ini merupakan ajang promosi perdagangan, pariwisata dan investasi terpadu di Rusia dalam satu tempat.

“Selain hiburan, tahun ini kami juga menggelar pertemuan bisnis di festival. Tercatat, ada sekitar 25 perusahaan yang melakukan pertemuan selama acara,” kata M. Wahid seperti dilansir laman Antara, Selasa (08/08/2017).

Festival ini, sambung Wahid, sejalan dengan program diplomasi ekonomi untuk lebih mendorong peningkatan nilai ekspor Indonesia ke Rusia, arus investasi dan wisatawan Rusia ke Indonesia.

Selama festival berlangsung, pengunjung nampak terpukau dengan pertunjukkan tari dan permainan musik tradisional juga pencak silat. Mereka juga memadati kelas membatik, memasak dan bahasa Indonesia. “Festival Indonesia tahun ini memang sengaja digelar lebih meriah. Tahun lalu, hanya ada 30 kios, sedangkan tahun ini ada 70 kios,” jelasnya.

Pengunjung tahun ini pun mengalami peningkatan, sebanyak 91.600 orang, sementara tahun lalu hanya 68.297 orang. “Kami menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya Festival Indonesia. Diharapkan, tahun depan akan lebih baik lagi,” pungkas M. Wahid.

Dan yang menarik dalam Festival Indonesia, adalah workshop tentang membatik. Kelas ini mendapat perhatian serius dari warga Rusia yang belajar membatik. Para peserta nampak serius, tekun mempelajari cara membatik seperti nyorek, nyanting, mewarnai, lorod dan menjemur.
(*/ANT)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.