Fenomene ‘Om Telolet Om’ Bisa Datangkan Wisatawan Asing

0
206

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Fenomena ‘Om Telolet Om’ yang mewabah dari Indonesia hingga ke mancanegara, ternyata menggelitik Presiden Joko Widodo untuk memberikan komentar. Menurut dia ini adalah contoh kesederhanaan rakyat dalam mencari sebuah hiburan.

“Sebuah kesenangan, sebuah kebahagiaan dari rakyat untuk memperoleh sebuah hiburan atau sebuah hobi, saya kira sangat bagus sekali,” kata Presiden yang ditemui wartawan seusai menghadiri acara Deklarasi Pemagangan Nasional menuju Indonesia Kompeten, di Kawasan Karawang International Industry City (KIIC), Karawang, Jumat (23/12/2016).

Menurut Presiden, melakukan sesuatu hal yang sederhana dan dapat sesegera mungkin diketahui oleh dunia merupakan bukti kekuatan media sosial yang tak bisa dibendung kecepatannya. “Ya ini kekuatan dan potensi media sosial yang kita lihat,” imbuhnya.

Terkait himbauan oleh Menteri Perhubungan yang membatasi aksi tersebut, Presiden bersikap senada dengannya. Bahwa hal tersebut tidak dilarang namun harus ada batasannya. “Ya pasti ada batas-batasnya masa bus baru berjalan dicegat di tengah jalan, ya kan hal-hal seperti itu yang dilarang,” ujar Presiden.

Sandiaga Uno, pengusaha muda menilai permintaan bunyian klakson bus “Om Telolet Om” yang juga telah dikenal dunia internasional berpeluang mendatangkan wisatawan mancanegara ke Indonesia. “Fenomena ‘Om Telolet Om’ ini sama seperti Mannequin Challenge, viral sekali. Indonesia seharusnya dapat mengkonversi ini untuk mendatangkan turis dan mendukung pariwisata,” ujarnya seperti dilansir laman Antara, Jumat (23/12/2016).

Apalagi, pemerintah saat ini menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 20 juta orang pada 2020. Namun, di samping penilaiannya terkait potensi ‘Om Telolet Om’ yang dipercaya menguntungkan sektor pariwisata, pasangan Anies Baswedan di Pilkada 2017 itu juga mengaku kagum dengan bakat masyarakat Indonesia yang ternyata mampu membuat kreatifitas sederhana yang kemudian ‘menyedot’ perhatian ribuan ‘penghuni’ dunia maya. “Ini suatu fenomena yang sederhana tapi membahagiakan sekali,” katanya.

Sejumlah video yang diunggah di YouTube cukup lama yakni bertanggal 20an November lalu dan awal Desember. Dengan kata lain, tren om telolet om ini sudah cukup lama dilakukan beberapa bulan lalu namun memang baru terdengar sekarang.

Banyak netizen yang iseng melakukan om telolet om juga dengan cara berbeda, seperti berdiri di samping rel kereta api untuk meminta klakson dari masinis, hingga berdiri di lapangan menunggu helikopter atau pesawat terbang lewat. Kebanyakan tentu saja memanfaatkan platform internet untuk memamerkannya, sehingga tak bisa dielakkan lagi ‘om telolet om’ bisa tenar keluar Indonesia.

‘Wabah’ om telolet om ini pun menjangkit para musisi internasional seperti Zedd, Martin Garrix, DJ Snake, Alesso, dan The Chainsmokers. Bagaimana tidak, perbincangan di media sosial mengenai om telolet om sudah terdengar sampai ke telinga mereka dan merajai trending topic di Twitter. (*/NDY)

LEAVE A REPLY